Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah > Berita
Peran Strategis DJKN Dalam Perekonomian Indonesia
N/a
Rabu, 16 Desember 2015   |   858 kali

Banjarmasin -  Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin mengadakan kegiatan DJKN Goes To Campus,  bertempat di Aula Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, pada Selasa, 15 Desember 2015. Kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan tugas, fungsi, dan pelayanan DJKN diikuti oleh civitas akademika, yaitu mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin sebagai tuan rumah, Universitas Ahmad Yani Banjarmasin, dan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary Banjarmasin.

Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah Joko Prihanto dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi kepada jajaran Universitas Lambung Mangkurat  Banjarmasin yang telah menerima dan mendukung DJKN mengadakan acara ini. Sementara, Wakil Rektor Unlam Banjarmasin Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Abrani Sulaiman menghargai kerja sama antara DJKN dengan Unlam. Harapannya agar kerjasama ini terus dipupuk dan ditingkatkan agar dapat lebih bermanfaat.

cara yang mengambil tema “ Peran Strategis Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dalam Perekonomian Indonesia”  dibagi dua sesi,  yaitu seminar dan pelaksanaan lelang. Pada sesi seminar diisi pemaparan gambaran sekilas organisasi DJKN oleh Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat DJKN Tavianto Nugroho dipandu moderator Dosen Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat BanjarmasinIchsan Anwari. materi yang disampaikan meliputi tugas dan fungsi DJKN sebagai pengelola kekayaan negara, pengurusan piutang Negara dan pelayanan lelang. Dipaparkan pula peran DJKN dalam kaitannya dengan sumbangan penerimaan Negara bukan pajak (PNBP) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sebelumnya acara dibuka, pemandu acara secara atraktif mengawali dengan melontarkan beberapa pertanyaan menarik seputar DJKN dan diselingi teriakan yel yel yang diikuti dengan penuh semangat oleh  seluruh peserta yang memadati  gedung aula " Save Our Assets Save Our Nation. DJKN Jaya! UNLAM Ok! Selain itu, kemeriahan acara dilengkapi juga dengan lomba foto dan quote tentang DJKN di media sosial Twitter dan Instagram. 

Sesi pelaksanaan lelang didahului pemaparan sekilas dasar hukum, pengertian dan hal-hal terkait lelang oleh Kepala Sub Direktorat Bina Profesi Jasa Lelang Nunung Eko Laksito. Selanjutnya, kendali acara dipegang oleh Pejabat Lelang dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin  Eka Saptono. Sedangkan  bertindak sebagai pemandu lelang  Didik Priyo Utomo. Pada sesi ini dilakukan penjualan barang secara lelang berupa helm, jaket, tas, tab android dan hp android.

Diawali dengan pembacaan kepala risalah lelang dan penjelasan tata cara lelang, pejabat lelang memulai pelaksanaan lelang.  Pelaksanaan lelang berlangsung  meriah diwarnai antusiasme peserta lelang yang bersaing mengajukan penawaran. Hal ini terbukti dari tingginya angka penawaran yang jauh di atas harga limit lelang  hingga 10 kali lipat.

Membantu publiksi Acara DJKN Goes To Campus ini,  diliput oleh berbagai media yang ada di Kalimantan Selatan, baik itu media cetak maupun elektronik,  antara lain  TVRI Kalimantan Selatan, TV Duta, Banjarmasin Pos, dan Kalimantan Pos. (Teks/Foto: Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalselteng)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini