Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Barat > Berita
Songsong Indonesia Emas 2024 Dengan SDM Unggul, Kolaborasi Kanwil DJKN Kalbar-BDK Pontianak Gelar Sosialisasi Beasiswa LPDP
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Jum'at, 08 Maret 2024   |   41 kali

Kubu Raya (29/2) Perwakilan Kemenkeu Kalbar melalui kolaborasi Kanwil DJKN Kalbar dan BDK Pontianak telah menggelar kegiatan Sosialisasi Beasiswa LPDP Tahun 2024 secara hybrid yaitu secara luring di Aula Kapuas, Balai Diklat Keuangan (BDK) Pontianak di Jalan Arteri Bandara Supadio Km 8, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Sedangkan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini juga disiarkan secara live melalui kanal youtube Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Sosialisasi Beasiswa LPDP Tahun 2024 di Kalimantan Barat kali ini mengusung tema “Eksplorasi Potensi SDM Kalbar, Adaptasi Tantangan Global”.

Dalam rangka menyongsong cita-cita menjadi Indonesia Emas 2045 diantaranya adalah daya saing SDM meningkat, diperlukan SDM Indonesia yang unggul. Pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Barat tahun 2020 – 2023 rata-rata meningkat sebesar 0,82 persen per tahun. Namun demikian, berdasarkan data survei BPS Tahun 2023, IPM Kalimantan Barat masih menduduki peringkat bawah yaitu ke-30 dari 34 provinsi di Indonesia. Perlu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di Kalimantan Barat.

Kegiatan sosialisasi program beasiswa yang dikelola oleh LPDP Kementerian Keuangan kepada perwakilan yang membidangi SDM/kepegawaian pada kantor instansi di Kalimantan Barat ini merupakan upaya publikasi, penyebar luasan informasi secara masif serta promosi kepada peserta kegiatan terkait dengan upaya Pemerintah RI memberikan beasiswa melalui LPDP untuk meningkatkan kualitas SDM melalui jenjang pendidikan.

Kegiatan ini dibuka oleh Tetik Fajar Ruwandari, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Dalam sambutannya Tetik menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya sebagai bentuk kontribusi untuk turut meningkatkan kualitas SDM melalui jalur pendidikan formal. Kesempatan mendapatkan beasiswa LPDP bukan hanya untuk pegawai Kemenkeu, namun terbuka lebar kesempatan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sendiri pun ikut mendukung kegiatan ini melalui sambutan yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan, Natalia Karyawati. Sedangkan 2 (dua) orang narasumber yang hadir yaitu Lukmanul Hakim, Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi LPDP dan Rahmat Putra Yudha, Ketua Mata Garuda (paguyuban alumni penerima beasiswa LPDP)  Kalimantan Barat sekaligus alumnus penerima beasiswa LPDP. Lukmanul Hakim menyampaikan materi terkait dengan program beasiswa yang dikelola oleh LPDP serta informasi lainnya untuk mendorong masyarakat Kalimantan Barat melanjutkan jenjang pendidikan. Sedangkan Rahmat Putra Yudha menyampaikan dan membagi pengalaman pada saat masa pencarian beasiswa, sebagai penerima beasiswa dan pasca melaksanakan pendidikan. Serta menyampaikan tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa LPDP.

Pada kegiatan ini telah pula turut diundang perwakilan sebanyak masing-masing 2 (dua) orang untuk mengikuti secara luring yang berasal dari: 14 (empat belas) instansi Pemerintah Daerah Kalimantan Barat terdiri dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota; 27 (dua puluh tujuh) Universitas, Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi yang berada di Pontianak dan sekitarnya; serta 33 (tiga puluh tiga) instansi yang merupakan Satker Kantor Wilayah yang berkedudukan di Pontianak.

Antusiasme para peserta untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Beasiswa LPDP Tahun 2024 ini nampak sekali dengan mebludaknya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini. Tercatat sebanyak total 560 (lima ratus enam puluh) peserta, yang terdiri dari hadir secara luring sejumlah 140 (seratus empat puluh) peserta, secara daring melalui zoom meeting diikuti oleh 310 (tiga ratus sepuluh) peserta dan mengikuti live youtube Kanwil DJKN Kalimantan Barat sejumlah 110 (seratus sepuluh) peserta.

Diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan Soialisasi Beasiswa LPDP Tahun 2024 ini para peserta dan perwakilan peserta dapat menyebarluaskan kepada instansi masing-masing ataupun menggunakan informasi yang telah diperolehnya ini untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP guna melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Semua ini demi terwujudnya Indonesia Emas 2045 dengan terwujudnya SDM yang unggul dan kompetitif.

 

(Ditulis oleh: Arya Putra/Tim Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Letnan Jenderal Sutoyo No. 122 Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat - 78121
(0561) 584150
(0561) 584151
kanwildjkn11@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini