Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Barat > Berita
Berpikiran Positif untuk Menjadi PNS yang Berkompeten
Dedy Sasongko
Kamis, 14 Mei 2020   |   305 kali

Pontianak, Kanwil Kalimantan Barat melaksanakan morning briefing melalui pertemuan virtual dengan agenda penyampaian short training berpikiran positif oleh Ahmad Indra Gunawan dan sharing session flexible working space (FWS) oleh Agus Budianta  (13/05). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil DJKN dipandu oleh Muslih selaku salah satu agen perubahan terpilih dalam rangka Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward UP Nainggolan menyampaikan rasa syukurnya atas kesehatan dan berkah yang telah diberikan dan mengharapkan agar kegiatan ini menjadi ajang internalisasi kepada seluruh pegawai untuk berubah menjadi lebih baik. “IKU merah berarti harus memberikan kinerja terbaik dan saya percaya bahwa seluruh pegawai Kanwil DJKN Kalimantan Barat adalah true fighter yang bekerja dengan tulus dan penuh tanggung jawab” kata Edward.  Selain itu Edward juga memberikan arahan agar dalam mengisi my task di aplikasi NADINE harus diisi dengan benar, karena hal tersebut akan menggambarkan kinerja pegawai.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga, Ahmad Indra Gunawan memberikan short training berpikiran positif. Sebagai seorang PNS ada persepsi negatif yaitu (1) Persepsi menolak “sebenarnya saya tidak mau menjadi PNS itu karena terpaksa/dipaksa, (2) Persepsi membayar, “saya sangat menginginkan , makanya saya membayar agar jadi PNS,  (3) Persepsi monoton, “pekerjaan di PNS monoton, jadi tidak bisa mengembangkan diri”, (4) Persepsi santai, PNS itu santai, buat apa sibuk-sibuk melakukan banyak hal, (5) Persepsi sama saja, gajinya sama saja, baik PNS yang rajin maupun yang malas-malasan, (6) Persepsi tugas sendiri, saya melakukan tugas saya saja tidak peduli dengan tugas yang lain, (7) persepsi bahwa aturan dibuat untuk dilanggar dan (8) PNS bukan lagi menjadi cita-cita saya.  Persepsi yang demikian dapat membuat PNS tidak bersemangat dalam bekerja.

Untuk merubah persepsi tersebut cara yang bisa dilaksanakan adalah dengan perenungan bahwa (1) saya terpilih, berarti inilah yang terbaik buat saya, (2) mulai dengan niat yang baik, mengabdi untuk negara dengan ikhlas, (3) negara telah mengamanahi saya, akan saya buktikan dengan keteladanan, (4) apapun permasalahannya, akan saya hadapi dengan sabar, (5) ada saatnya promosi, semoga saya menjadi pejabat yang baik, (6) idealis, bahwa negara sudah mengaturnya, saya berjalan sesuai aturan yang berlaku (7) PNS juga manusia, bisa mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, dan (8) pengabdian ini akan saya akhiri dengan kebaikan. Dengan berpikir positif kita akan selalu berusaha dengan baik.

Selanjutnya Kepala Seksi Hukum, Agus Budianta memberikan sharing session FWS berdasarkan KMK 223/KMK.01/2020 tentang Implementasi Flexibilitas Tempat Bekerja di Lingkungan Kementerian Keuangan. FWS didasari adanya perubahan kultur/budaya kerja dengan tujuan mewujudkan budaya kerja yang adaptif, berbasis digital dan berintegritas guna meningkatkan profuktivitas dan kinerja Kementerian Keuangan.

FWS adalah privilege yang diberikan oleh pimpinan untuk pegawai yang memenuhi kriteria dan mengerjakan pekerjaan tertentu. Lokasi FWS bisa di ruangan open space, bisa di rumah, bisa di tempat tinggal, atau lokasi lain yang dirasa nyaman. Kuota dan waktu mengajukan ke atasan langsung berikut menyampaikan lokasinya dimana, berapa waktunya, dan rencana kerja apa yang dilakukan. Terdapat logbook, pemantauan oleh atasan dan monev pada atasan.

Kunci sukses FWS adalah merubah mindset menjadi  bekerja dengan integritas, mandiri, berorientasi pada output, komitmen dan trust. Tantangan diimplementasikannya FWS adalah (1) tidak ada kontrol langsung dari leader, anggota tim mengendalikan diri mereka sendiri, (2)  ketergantungan pada koneksi internet, (3) tidak ada komunikasi tatap muka, padahal nada suara dan bahasa tubuh sangat penting dan (4) tidak ada interaksi kecil setiap hari yang biasanya menciptakan ikatan.  

Diakhir kegiatan Edward menyampaikan bahwa kunci bekerja sebenarnya adalah Keep It Simple,  perubahan mindset, komitmen untuk terus melaksanakan dengan baik, dan trust.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Letnan Jenderal Sutoyo No. 122 Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat - 78121
(0561) 584150
(0561) 584151
kanwildjkn11@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini