Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta > Berita
Kemenkeu Satu Rangkul RRI Semarang untuk Naikkan Kelas UMKM
Kharis Syuhada
Selasa, 12 September 2023   |   93 kali

Semarang (12/09) – Komitmen Kemenkeu Satu Jawa Tengah sejak awal terhadap UMKM selalu konsisten; membawa UMKM naik kelas. Hal ini sesuai dengan arahan dari Presiden RI bahwa pemerintah memiliki tugas untuk menaikkan kelas UMKM ke level internasional. Pandemi COVID-19 mungkin sudah dinyatakan berakhir, namun dampak dari pandemi tersebut masih tetap dirasakan oleh pelaku pasar langsung, khususnya UMKM. Kali ini, Kemenkeu Satu Jawa Tengah berkolaborasi dengan sesama “Plat Merah” di Kota Semarang, yaitu RRI Semarang, mengadakan Talkshow dengan Tema “UMKM Naik Kelas Bersama Kemenkeu Satu Jawa Tengah.”

 

Acara yang dipandu oleh Avian sebagai host sekaligus moderator dan penyiar, membuka dan memperkenalkan kepada pendengar radio serta pemeriksa siaran langsung yang diselenggarakan melalui kanal Youtube. Para narasumber yang menjadi pembicara acara kali ini adalah Muhammad Fais Mardian (Pelelang Ahli Madya KPKNL Semarang), R. Ganung Harnawa (Penyuluh Pajak Ahli Madya Kanwil DJP Jateng I), dan Djoko Tri Saptono (pelaku UMKM).

 

Djoko, dalam awal mula acara, setelah memperkenalkan seluk beluk bagaimana UMKM-nya berkembang, memberikan komentar positif kepada DJP yang telah banyak memberikan pengetahuan tentang Perpajakkan. Setelah itu, Djoko juga melanjutkan apresiasinya kepada DJKN dan Kemenkeu Satu Jawa Tengah untuk sering diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan bazar. Ganung dalam tanggapannya menyampaikan bahwa pajak sangatlah penting untuk dipahami seluruh elemen Masyarakat, khususnya UMKM. “Dengan para UMKM ini paham Pajak, maka negaralah yang berterima kasih karena semakin banyak pula para pengusaha yang taat pajak.”, imbuh Gandung.

 

Fais, dalam kesempatannya menyebutkan bagaimana DJKN memberikan kebijakan relaksasi atas pelaksanaan lelang produk UMKM. “Untuk produk Lelang UMKM, kami memberikan Relaksasi  Kebijakan tarif Bea Lelang sampai dengan 0%. Dengan ini kami harapkan teman-teman UMKM tidak segan menghubungi dan berkonsultasi dengan kami untuk bagaimana menggunakan situs lelang resmi di lelang.go.id”, imbau Fais.

 

Para narasumber juga menjawab berbagai pertanyaan interaktif dari pendengar yang melakukan telpon secara langsung. Hal ini menunjukkan bahwa talkshow ini dapat benar-benar menaikkan wawasan bagi para pelaku UMKM secara umum. (Sie Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini