Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Barat > Berita
Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Memberikan Kuliah Umum Pada Universitas Islam Bandung
Tantri Dewayani
Senin, 26 Februari 2018   |   360 kali

Bandung – Bertempat di Ruang Aula Utama Universitas Islam Bandung (Unisba) Jl. Tamansari No.1 Bandung (Senin, 26/02/2018), Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari memberikan Kuliah Umum di hadapan kurang lebih 200 mahasiswa dengan tema Efisiensi APBN Melalui Pengelolaan Barang Milik Negara. Kuliah Umum ini diberikan atas permintaan Ketua Program Studi Ekonomi Unisba dalam rangka pelaksanaan kurikulum “Ekonomi dan Keuangan Islam”.

Dalam sambutan pembukaan Kuliah Umum, Rektor Unisba yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Ir. Harist Numan, MT., Ph.D.,IPM  menyampaikan apresiasi atas inisiatif Program Studi Ekonomi untuk menambah wawasan mahasiwa dengan mengundang nara sumber dari Kementerian Keuangan cq. DJKN. Harist meminta agar segenap civitas academica Program Studi Ekonomi dapat menggali seluas-luasnya hal-hal praktis dalam pengelolaan kekayaan negara dari nara sumber yang kompeten yaitu Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat.

Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari dalam kuliah umum tersebut mengupas tuntas peran DJKN selaku institusi pemerintah yang diberikan tugas untuk mengelola kekayaan negara, dengan penekanan pada langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam pengelolaan BMN demi tercapainya efisiensi APBN.

Nuning juga menjelaskan materi mengenai lelang yang merupakan salah satu tugas dan fungsi DJKN, dengan tujuan antara lain agar para mahasiswa mengetahui bahwa salah satu sumber pembiayaan negara Indonesia adalah berasal dari penerimaan negara bukan pajak yang berasal dari pelaksanaan lelang, dan lelang  ikut berperan dalam menggerakkan perkonomian rakyat. Penjelasan materi lelang ini sejalan dengan kegiatan terpadu di Bidang Lelang dalam rangka peringatan 110 tahun penyelenggaraan lelang di Indonesia, yaitu kegiatan auction week yang berlangsung pada tanggal 26 Februari s.d. 2 Maret 2018.

Setelah pemaparan materi dan diskusi tanya jawab terkait  materi yang disampaikan Nuning, dilanjutkan dengan pelaksanaan simulasi lelang oleh Tim KPKNL Bandung. Kegiatannya berlangsung cukup meriah, mengingat hal tersebut merupakan hal baru bagi para mahasiswa dan dosen UNISBA. 

Selain Kuliah Umum pada Universitas Islam Bandung, dalam waktu yang bersamaan, untuk memeriahkan acara juga diwarnai dengan kuis dalam bentuk games games yang ditujukan kepada para mahasiswa Program Studi lainnya yang berada di luar Aula.

Kegiatan Kuliah Umum sekaligus sebagai sarana publikasi kegiatan terpadu di Bidang Lelang dalam rangka peringatan 110 tahun penyelenggaraan lelang di Indonesia ini juga diliput oleh media elektronik TVRI dan media cetak yang terdapat di kota Bandung.

Ketua Program Studi Ekonomi Universitas Islam Bandung, Dr. Ima Amaliah, SP. Msi menyambut baik kerjasama yang diberikan oleh Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat dalam pelaksanaan Kuliah Umum Program Studi Ekonomi Universitas Islam Bandung ini, dan berharap dapat menjalin kerja sama yang lebih intensif lagi pada kesempatan berikutnya. (naskah : tantri, foto : okto, Bidang KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini