Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Berita
Kanwil DJKN Banten Mendorong Pegawai Untuk Menulis Artikel Melalui Pelatihan
Budi Sulistyawan
Senin, 21 September 2020   |   154 kali

Untuk membekali dan menambah pengetahuan para pegawai Kanwil DJKN Banten dalam menulis dan fotographgolah data dan informasi serta melakukan analisis untuk visualisasi laporan, Kanwil DJKN Banten akan mengadakan pelatihan menulis artikel dan fotografi melalui virtual webinar.(18/9).

 

Kegiatan ini mengundang 2 (dua) narasumber yaitu Ahmad Lutfi dari Dewan Redaksi Radar Banten dan Reno Fitriadi dari Banten TV dengan narasumber Kepala Seksi Informasi, Defi Arsono dan acara dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN Banten, Nuning SR. Wulandari dan diikuti oleh 200 dari pegawai DJKN di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Nuning SR Wulandari menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut Butir-Butir Rapat Kerja Nasional, Pada butir 7 disampaikan bahwa Kehumasan DJKN segera mewujudkan Excellent Strategic Communication. Fungsi Kehumasan pada suatu organisasi tidak hanya sebatas dokumentasi dan publikasi, tetapi juga sebagai strategic partner dengan dilibatkan dalam penyusunan kebijakan dan dapat diandalkan dalam menghadapi situasi krisis sehingga perlu untuk membuat pedoman komunikasi sebagai pedoman bagi spokeperson DJKN di berbagai unit baik dalam menghadapi stakeholder internal maupun eksternal. Kehumasan harus mampu menjadikan DJKN sebagai organisasi yang dikenal luas oleh masyarakat dengan melakukan rebranding DJKN dan melakukan sinergi komunikasi internal.

 

Pada sesi pertama dilakukan pemaparan oleh narasumber, Ahmad Lutfi memaparkan bagaimanan mengelola semangat ingin menulis, dan teknis dalam penulisan artikel dan bagaimana menulis berita harus dengan lengkap dan komunikatif antara lain memperhatikan  unsurnya yaitu 5w dan 1h dan sesuai struktur ada kepala, tubuh, dan ekor berita. komunikatif yaitu berita yang disampaikan bisa dimengerti oleh kalangan yang membaca

Pada sesi kedua, Reno Fitriadi memaparkan tentang teknif pengambilan gambar dan video antara lain memaparkan teknik pemilihan luas area frame yang diberlakukan pada subjek sesuai dengan aturan teknikpengambilan gambar yang telah ditentukan secara umum. Teknik ini menjelaskan tentang aturan yang benar untuk memilih luas area frame baik yang lebar maupun sempit dan batasan pemotongan subjek oleh frame sesuai dari jenis teknik pengambilan gambar yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa teknik pengambilan gambar yang bisa anda lakukan.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB dengan diutup dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta antusias mengajukan pertanyaan baik menjaga semnagat dan konsistensi menulis, dan tentang cara mengambil gambar dan video pendek.


Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong motivasi pegawai untuk menulis sebagai cara untuk lebih mengenalkan DJKN ke masyarakat terutama kegiatan dan kebijakan-kebijakan DJKN untuk masyarakat.

 

BM/Humas Banten

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Diponegoro No. 9 - 11 Serang - 42112
(0254)210103/08111988084
(0254) 210112
kanwildjknbanten@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini