Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
KPKNL Teladan Jember: Memberi Pelayanan Dengan SENYUM
N/a
Senin, 26 September 2011 pukul 18:17:51   |   1848 kali

Oleh : M. Eko Agus Y. *

         KPKNL Jember, sesuai Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor KEP-82/KN/2011 tanggal 13 Mei 2011 tentang Pembentukan KPKNL Teladan di Lingkungan DJKN Tahun 2011, ditetapkan sebagai salah satu KPKNL TELADAN pada Tahun Anggaran 2011. Kepala KPKNL Jember Rahmat Effendi segera mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan standar kantor modern, mulai dari sarana dan prasarana antara lain: customer service counter, ruang konsultasi, gedung pertemuan (aula), touch screen layanan informasi (Kiosk), free hot spot area, televisi LED, dan surat kabar harian terkini. Sarana dan prasarana tersebut telah tersedia pada saat ini (Agustus 2011), sehingga KPKNL Jember telah siap untuk diresmikan sebagai Kantor Teladan pada tahun ini.

         KPKNL Jember berlokasi di Jl. Slamet Riyadi 344 A Jember dengan tata ruang modern, 2 lantai seluas 2.550 m2. KPKNL Jember mempunyai wilayah kerja yang cukup luas, meliputi 6 Kabupaten/Kota mulai dari Kab. Jember, Kab. Bondowoso, Kab. Situbondo, Kab. Banyuwangi, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo. Luas wilayah kerja KPKNL Jember tersebut sama dengan 30% luas Provinsi Jawa Timur. Pengguna layanan dari KPKNL Jember sangat beragam, mulai dari satuan kerja Kementerian/Lembaga, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), BUMN/BUMD, kreditor maupun debitor.

        Dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder, KPKNL Jember menerapkan slogan SENYUM (SEnang, NYaman, Unggul dan Memuaskan). Menurut definisi dari kamus bahasa Indonesia, slogan tersebut mengandung arti :

·      SEnang : melayani stakeholder dengan hati suka dan gembira.

·      NYaman : tata ruang kantor yang menerapkan konsep Green Office membuat nyaman  stakeholder dan betah berada di KPKNL Jember.

·      Unggul : sumber daya manusia di KPKNL Jember memberikan pelayanan yang terbaik dan prima kepada stakeholder yang menggunakan layanan dari KPKNL Jember.

·      Memuaskan : memberi pelayanan yang membuat stakeholder puas dan lega.

        Untuk memberi pelayanan maksimal tersebut, KPKNL Jember didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) berjumlah 31 orang pegawai, yang terdiri dari 1 Kepala Kantor, 6 Kepala Seksi dan 24 Pelaksana. Pegawai tersebut juga memiliki beberapa bidang keahlian, terdiri dari : 10 penilai, 8 juru sita, 4 pejabat lelang dan 7 pemeriksa kekayaan negara.

        Kepala KPKNL yang menjabat mulai Desember 2009 ini selalu menekankan kepada pegawai yang berhubungan langsung dengan stakeholder untuk  selalu memberikan pelayanan yang maksimal. “memberikan pelayanan jangan setengah-setengah, lakukan dengan ikhlas, bila stakeholder puas, maka akan meningkatkan citra positif dari kantor kita serta menjadi amal ibadah bagi kita” demikian kalimat yang selalu disampaikan pada setiap kesempatan briefing kepada seluruh pegawai.

        Menyinggung prestasi yang dicapai KPKNL Jember sampai dengan Semester I 2011, kepala kantor kelahiran Jakarta ini menyampaikan beberapa target capaian telah tercapai, namun demikian, juga masih ada target yang belum tercapai, “KPKNL Jember akan bekerja maksimal untuk memenuhi target yang telah ditetapkan Kantor Pusat DJKN” katanya.


        Ketika disinggung kesiapan KPKNL Jember sebagai Kantor TELADAN, Kepala KPKNL yang pernah berdinas di Lahat ini menyampaikan bahwa Jember siap untuk ditetapkan sebagai kantor teladan maupun mengikuti lomba kantor percontohan tahun 2012 tingkat DJKN. “Progress pengerjaan fisik maupun pengadaan peralatan dan mesin sebagai kelengkapan kantor teladan sudah sesuai jadwal dan siap digunakan bila pada saatnya nanti diresmikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara” pungkasnya.

 
*Pelaksana pada KPKNL Jember


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini