Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Pembangunan Sirkuit Mandalika terhadap Perekonomian Lombok
Yuniantoro Sudrajad
Kamis, 11 Mei 2023 pukul 10:41:40   |   3730 kali

Pembangunan Sirkuit Mandalika atau dengan nama resmi nya yaitu Pertamina Mandalika International Street Circuit diresmikan pada tanggal 12 November 2021 oleh Presiden Joko Widodo dimana sirkuit ini terletak pada daerah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pembangunan sirkuit ini tentunya akan berdampak bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Lombok Tengah baik secara langsung maupun tidak langsung. Adanya pembangunan sirkuit dan MotoGP Mandalika 2021 mendapat dukungan penuh dari pemerintah Indonesia terkait dengan pembangunan dan peningkatan aksesibilitas ke daerah kawasan MotoGP Mandalika 2021.Peningkatan yang ditingkatkan berupa penyiapan Pengaruh Pembangunan Sirkuit Mandalika Terhadap Perekonomian Lombok akses langsung dari bandara Lombok menuju ke sirkuit, ada juga perpanjangan lintasan pesawat di Bandara Lombok dan pengembangan pelabuhan di Gili Mas dan juga pemerintah memperbaiki infrastruktur di sekitar kawasan tersebut. Untuk mempersiapkan pembangunan sirkuit Mandalika tentunya sudah dilaksanakan beberapa kegiatan seperti survey lokasi di sekitar kawasan, topografi, melakukan pemasangan pagar, serta menyusun desain sirkuit untuk lintasan para pembalap.

Kegiatan ini juga langsung dinyatakan oleh Direktur utama ITDC. Untuk pembangunan jalan sudah dilaksanakan pada Oktober 2019 dan selesai pada pertengahan bulan 2020, tetapi ini akan tetap berlanjut agar sirkuit bisa digunakan pada tahun 2021, pembangunan ini juga langsung diawasi oleh Vinci Construction Grand Projects (VCGP) yang merupakan investor pada sirkuit Mandalika. Tentunya dengan adanya acara ini, pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata di kawasan Nusa Tenggara Barat akan meningkat, akan ada dua balapan yang digelar, yakni Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2021 dan World Superbike Championship (WSBK) 2021. Ada juga peningkatan konsumsi, sektor penerbangan, hotel, dan sektor lain yang mendorong pertumbuhan bisnis pariwisata selama gelaran berlangsung. Dengan adanya acara sirkuit dan MotoGP Mandalika akan memberikan peluang kepada banyak masyarakat yang membutuhkan guna untuk mengembalikan ekonomi Indonesia yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid khususnya di Nusa Tenggara Barat, peluang yang muncul berupa lapangan kerja bagi 7.500 orang, mendapat tambahan investasi lokal sebesar US$ 150 juta dan diperkirakan akan ada peningkatan belanja wisatawan hingga mencapai US$ 40 juta per tahun. Dikarenakan banyaknya wisatawan asing yang akan datang menyaksikan acara motogp ini tentunya juga akan menambah awareness pariwisata di Indonesia khususnya di NTB.

Dengan adanya event motoGP ini juga akan sangat meningkatkan wisatawan yang datang ke Indonesia, dan diperkirakan akan bertambah 300.000 orang per tahun dan juga akan memberikan posisi yang baik untuk Indonesia agar bisa dipandang oleh negara asing sebagai negara tujuan untuk rekreasi olahraga di kawasan Asia. Hal ini juga sangat penting karena dapat menambah value dari pariwisata Indonesia dan akan meningkatan dana dari sektor pariwisata yang berdampak baik bagi peningkatan ekonomi nasional. Tentunya untuk membuat sirkuit ini membutuhkan dana yang sangat besar, dengan itu Indonesia harus menarik minat para investor agar memberikan dan menginvestasikan dana mereka kepada acara ini, oleh karena itu ITDC sangat fokus untuk mempersiapkan pembangunan dasar dahulu di kawasan The Mandalika, dan rencana pembangunan ini juga terbantu oleh dana yang besar dari lembaga keuangan yaitu Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Proses pembangunan yang dilakukan juga tergolong cepat karena ITDC mengerjakan projek ini dengan fokus dan dapat dilihat hasilnya dimana ITDC sudah menyelesaikan beberapa proyek infrastruktur dasar dan fasilitas publik seperti jalan yang dibuat sejauh 11 Kilometer, pagar parameter sepanjang 10 Km sudah terlihat, proyek instalasi pengolahan air bersih/ Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), Masjid Nurul Bilad yang bisa menampung 4000 orang, Kuta Beach Park dengan dilengkapi area bermain anak-anak, area cuci tangan, loker untuk menyimpan barang bawaan, dan toilet, serta Balai Penyelamatan dan Pengamanan Wisata (BALAWISTA). Dengan adanya fasilitas yang disediakan oleh ITDC akan menambah kenyamanan bagi para wisatawan baik lokal maupun internasional yang datang ke acara ini. Selain dari sektor ekonomi Indonesia yang bertumbuh, para UMKM yang berada di kawasan ini pun akan terbantu dengan ramainya pengunjung yang datang, karena ITDC juga memikirkan para UMKM di daerah NTB dengan membuat bazaarkhusus untuk UMKM seluas 2 hektar dengan pengunjung yang sangat banyak tempat untuk para UMKM bisa menunjukkan produk asli mereka karena telah disediakan juga kios untuk cinderamata, kuliner dan jasa yang disiapkan untuk UMKM yang tergabung dalam Asosiasi Asongan Mandalika dan masyarakat yang berdomisili di sekitar area Mandalika. Secara keseluruhan pembangunan Sirkuit Mandalika pada daerah Lombok merupakan sebuah pembangunan yang dinilai baik karena dengan adanya pembangunan tersebut selain menaikkan pendapatan negara dari turis juga meningkatkan perekonomian Lombok secara drastis.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini