Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Tetap Produktif Ketika Berpuasa
Mochammad Teguh Ariyanto
Kamis, 31 Maret 2022 pukul 15:06:12   |   747 kali

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Di bulan Ramadan seorang muslim memiliki kewajiban untuk berpuasa selama sebulan penuh. Menahan hawa nafsu dari terbit hingga terbenamnya matahari, termasuk menahan diri untuk tidak makan dan minum, bagi sebagian orang bukan perkara mudah. Aktivitas puasa bisa menjadi tantangan tersendiri untuk mereka yang tetap harus bekerja yang pada umumnya dilakukan di siang hari. Untuk itu berikut cara-cara yang dapat dilakukan agar aktivitas bekerja tidak mengganggu jalannya puasa (begitu juga sebaliknya):

1. Makan Sahur dengan Nutrisi yang Cukup

Terkadang sahur menjadi hal yang sulit dan berat untuk dilakukan karena kita harus bangun lebih awal dari biasanya. Namun jangan salah, sahur yang merupakan sunnah dalam Islam sangat penting untuk dilakukan agar kita dapat beraktivitas dengan maksimal meskipun sedang berpuasa. Asupan karbohidrat yang cukup akan menghindarkan dari rasa lemas ketika berpuasa, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas bekerja dan yang lainnya. Selain itu makanan yang mengandung vitamin dan protein merupakan hal yang penting karena dapat menjaga kemampuan berpikir ketika bekerja.

2. Menyusun Daftar Kegiatan Sehari-hari

Tidak mengkonsumi makanan dan minuman ketika berpuasa dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi dan energi ketika bekerja. ­­Agar kondisi tersebut tidak mengganggu output pekerjaan, menyusun daftar kegiatan merupakan hal yang patut dicoba. Daftar kegiatan tersebut dapat menjadi panduan agar kita tetap dapat menyelesaikan target pekerjaan meskipun dalam keadaan konsentrasi dan energi yang kurang. Selain itu ada baiknya kegiatan yang menuntut kita untuk berfikir dan konsentrasi lebih keras dilakukan pada pagi hari ketika kita masih memiliki banyak energi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi pada waktu sahur.

3. Luangkan Waktu untuk Istirahat

Perasaan lelah sering kali melanda ketika bekerja, terlebih jika kita berpuasa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sara C. Mednick, PhD (seorang ahli dan penulis buku Take a Nap! Change Your Life), tidur singkat selama 15-20 menit dapat me-reset sistem tubuh sehingga mengembalikan konsentrasi serta meningkatkan energi yang sebelumnya turun akibat aktivitas kerja. Alternatif lain yang dapat dilakukan ialah beristirahat singkat, melakukan aktivitas santai seperti menonton video, mendengarkan musik, membuka sosial media, atau membaca kitab suci selama beberapa menit dapat mengeluarkan kita dari kejenuhan ketika bekerja. Untuk kelelahan yang diperoleh dari aktivitas di depan layar, berjalan santai atau mengobrol singkat dengan rekan kerja dapat menjadi pilihan untuk mengistirahatkan mata yang lelah.

Kewajiban untuk berpuasa tidak boleh menjadi alasan atas turunnya kinerja. Dengan melakukan hal-hal di atas, diharapkan kegiatan puasa dapat berjalan dengan lancar dan berjalan beriringan dengan aktivitas-aktivitas lain.

Ditulis oleh: Mochammad Teguh Ariyanto (Pelaksana Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bukittinggi)

Referensi:

- The Secret (and Surprising) Power of Naps, Jennifer Soong, di akses dari https://www.webmd.com/balance/features/the-secret-and-surprising-power-of-naps pada tanggal 30 Maret 2022

- How To Be Productive During the Fasting Season, Tasha Wibawa, diakses dari https://medium.com/ruangguru/how-to-be-productive-during-the-fasting-season-d93a69f7961c pada tanggal 30 Maret 2022

- 8 Ways To Stay Productive While Fasting, Dzulfazreena Dzulkefli, diakses dari https://eduadvisor.my/articles/8-ways-to-stay-productive-while-fasting/ pada tanggal 30 Maret 2022

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini