Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Bazar dan Showcase UMKM Maluku Utara
Faizal Albavian Kusuma
Minggu, 05 Maret 2023   |   196 kali

Kota Tidore Kepulauan  - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate ikut semarakan Bazar dan Showcase UMKM Maluku Utara dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2023. Bazar tersebut dilaksanakan pada Sabtu (4/3) di Pantai Doe Masure, Desa Balbar, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Pantai Doe Masure semula merupakan tempat pembuangan sampah yang terbengkalai, kemudian oleh masyarakat desa dan pemerintah daerah bekerjasama dengan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui program corporate social resposibility (CSR) lokasi tersebut dibersihkan dan dikelola menjadi tempat wisata baru. Saat ini Pantai Doe Masure sudah menjadi destinasi wisata baru yang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Seperti area parkir, toilet, kamar mandi, beberapa gazebo dan tentu saja kios-kios UMKM dari warga Desa Balbar.    

Bazar dan Showcase UMKM ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Negara Provinsi Maluku Utara bekerjasama dengan berbagai pihak di lingkungan Kementerian Keuangan dan Bank Mandiri dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan Negara ke-19 Tahun 2023 dengan mengundang belasan pelaku UMKM yang ada pada Maluku Utara.

UMKM yang mengisi bazar dan showcase ini antara lain Rumah Usaha Mikro (UMI) Ternate selaku UMKM binaan Kementerian Keuangan Provinsi Maluku Utara, UMKM binaan dari Universitas Khairun, serta UMKM binaan Bank Mandiri. Selain UMKM binaan tersebut, UMKM dari Desa Balbar yang menempati kios-kios permanen juga turut meramaikan bazar tersebut.

Bazar dibuka secara simbolis dengan gunting pita oleh Adnan Wimbyarto selaku Plt. Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Maluku Utara dan Januardi Effendi selaku Credit Administration Officer Bank Mandiri Ternate. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Balbar, Dinas Koperasi Pemkot Tidore Kepulauan, dan pemberian pidato kunci oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Maluku Utara.

“Acara ini merupakan ajang bagi pelaku UMKM untuk memamerkan produk mereka, kita mengundang berbagai instansi di lingkungan Kementerian Keuangan untuk dapat terus membantu dan mendukung perkembangan UMKM yang ada Maluku Utara dengan tugas dan fungsinya masing-masing” ucap Adnan. 

UMKM merupakan bagian yang penting dalam menggerakan perekonomian negara. UMKM memiliki potensi besar dalam menumbuhkan kesejahteraan masyarakat sekitar serta memberikan kontribusi yang besar pula bagi pertumbuhan perekonomian negara. Negara harus bisa terus memberikan dorongan serta solusi bagi para pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produk mereka ke seluruh Indonesia bahkan sampai luar negeri.

“Kementerian Keuangan memiliki program dalam pengembangan UMKM. Acara ini merupakan program sinergi Kemenkeu Satu dalam membantu mengembangkan UMKM di seluruh Indonesia” ujar Adnan.

KPKNL Ternate berkomitmen untuk terus membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha mereka melalu lelang UMKM. Hal tersebut ditunjukan dengan KPKNL Ternate yang hadir dan mendirikan booth pada acara Bazar dan Showcase UMKM ini dengan maksud menjelaskan kepada pelaku UMKM bahwa saat ini terdapat cara lain dalam menjual produk mereka yaitu dengan cara lelang. Lelang produk UMKM dapat diikuti oleh siapa saja dan dimana saja karena saat ini terdapat aplikasi Lelang Indonesia yang dapat diunduh melalui Playstore, atau dapat langsung mengunjungi portal lelang.go.id. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ikut lelang UMKM!

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Yos Sudarso Nomor 333, RT.008/RW.004, Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini