Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Pemkab Pulau Morotai Ajukan Penilaian BMD untuk Pemindahtangan dan Pemanfaatan
Wagino
Jum'at, 17 Februari 2023   |   93 kali

Pulau Morotai (17/02) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai kembali mengajukan permohonan penilaian Barang Milik Daerah-nya (BMD) kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)  Ternate. Barang yang akan dinilai berupa tanah dan/atau bangunan yang akan dimanfaatkan dalam bentuk sewa dan bangunan, kendaraan dan barang inventaris yang akan dipindahtangankan secara lelang. Permohonan penilaian ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Pejabat Bupati Morotai ke KPKNL Ternate pada 11 Januari  yang lalu.

Memenuhi permohonan penilaian dari Pemkab Pulau Morotai tersebut, Kepala KPKNL Ternate telah menugaskan Tim Penilai untuk melakukan penilaian. Tim tersebut dipimpin oleh R. Danang Dwi Kurniawan Penilai Pemerintah Ahli Muda KPKNL Ternate, telah melaksanakan survei lapangan dalam rangka penilaian BMD Pemkab Pulau Morotai. “Aset yang dinilai lumayan banyak jumlahnya, ada tanah dan bangunan, baik yang akan disewakan maupun yang akan dilelang, kendaraan, kapal/perahu motor, maupun barang inventaris yang totalnya mencapai 700 unit”ujar Danang.  “Pada permohonan sewa dari Pemkab Morotai kali ini, tidak hanya dalam rangka lelang. Tetapi ada juga yang ditujukan untuk pemanfaatan dalam bentuk sewa, yaitu untuk beberapa ATM dan Apotik” ujar Faisal menambahkan.

Lokasi BMD yang akan dinilai tersebut tersebar di beberapa lokasi di seputar Kabupaten Pulau Morotai. Barang-barang tersebut berada di masing-masing kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ada yang berada di bengkel, ada pula yang berada jauh di pinggiran kota kabupaten yaitu bangunan rumah dinas di SMPN Unggulan 4 Pulau Morotai yang terletak di Desa Bere-bere Kec. Morotai Utara. Untuk menuju lokasi ini harus ditempuh dengan perjalanan darat selama 2,5 jam.  Selain itu terdapat beberapa barang berupa speed boat, jetfoil dan bangunan yang terletak di Pulau Dodola, yang harus ditempuh menggunakan speedboat.

Banyaknya jumlah barang dan lokasi barang yang tersebar di beberapa lokasi menjadi tantangan bagi Tim Penilai untuk menyelesaikan survei lapangan dan mengumpulkan data. Untuk menyiasati hal tersebut maka pelaksanaan survei dibagi menjadi dua Tim. Tidak itu saja, pelaksanaan survei lapangan juga dihadapkan dengan cuaca di Pulau Morotai yang kurang mendukung. Beberapa hari ini Pulau Morotai diselimuti dengan hujan dan angin yang kencang. Namun demikian Tim Penilai KPKNL Ternate dengan didampingi oleh Pegawai Pemkab Pulau Morotai tetap melakukan survei lapangan dan pengumpulan data, dengan memilih obyek dan lokasi barang yang bisa dijangkau dan memungkin untuk dilakukan survei terlebih dahulu.

Kegiatan penilaian dan lelang BMD pada Pemkab Pulau Morotai yang bekerja sama dengan KPKNL Ternate telah dilakukan secara rutin. Setiap tahun selalu ada permohonan penilaian dan lelang dari Pemkab Pulau Morotai. Ismail Saleh Kepala Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pulau Morotai mengatakan bahwa kerjasama kegiatan penilaian dan lelang aset BMD Pemkab Pulau Morotai dengan KPKNL Ternate cukup membantu pengelolaan aset pada Pemkab Pulau Morotai. “Kerjasama penilaian dan lelang BMD dengan KPKNL Ternate sangat membantu Pemkab Pulau Morotai dalam pengelolaan BMD. Kegiatan tersebut memperlancar siklus pengelolaan BMD Pemkab Pulau Morotai, menuntaskan hasil temuan/rekomendasi aparat pemeriksa, serta memperoleh penerimaan daerah. Kami berterima kasih kepada Tim dari KPKNL Ternate” ujar Saleh.   

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Yos Sudarso Nomor 333, RT.008/RW.004, Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini