Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
KPKNL Ternate Undang KPPN Ternate Sosialisasikan WBK/WBBM
Hendra Leo Purba
Selasa, 21 Januari 2020   |   195 kali

KPPN Ternate merupakan satu-satunya institusi Kementerian Keuangan di Ternate yang telah memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Untuk mengikuti sukses tersebut, KPKNL Ternate mengundang KPPN Ternate untuk memberikan arahan terkait WBK/WBBM, yang dilaksanakan pada Senin (21/1) di Ruang Rapat KPKNL Ternate. Tim dari KPPN Ternate yang hadir di KPKNL Ternate dipimpin oleh Kepala KPPN Ternate, Moch. Izma Nur Choironi.

Kegiatan pengarahan terkait WBK/WBBM dibuka oleh Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika. Arif menyampaikan bahwa dalam rangka menyukseskan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM di KPKNL Ternate, perlu adanya pendampingan dari pihak-pihak yang telah berpengalaman dalam program tersebut. KPPN Ternate mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi pada tahun 2018 dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani pada tahun 2019. Arif mengharapkan pendampingan dari KPPN Ternate dapat membantu usaha KPKNL Ternate menuju WBK/WBBM.

Presentasi tentang WBK/WBBM oleh KPPN Ternate disampaikan Kepala KPPN Ternate, Moch. Izma Nur Choironi. Izma mengawali paparannya dengan menjelaskan maksud dan tujuan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM. Izma kemudian menjelaskan beberapa aspek dalam penilaian zona integritas menuju WBK/WBBM diantaranya manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Izma juga menambahkan bahwa fokus arah pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM adalah peningkatan kualitas layanan yang berkesinambungan, dimana hal tersebut dipengaruhi oleh SDM yang berkompeten dan survei kepuasan satuan kerja yang meningkat. SDM yang berkompeten juga diharapkan dapat menjadi role model dalam pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM. Dalam proses pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM, instansi terkait juga perlu melakukan mitigasi risiko selama proses pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM.

Selain menyampaikan hal-hal penting terkait pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM, Izma juga menyampaikan beberapa inovasi yang dilakukan oleh KPPN Ternate dalam usaha memperoleh predikat WBK/WBBM. Inovasi-inovasi tersebut diantaranya terkait dengan monitoring layanan, efisiensi layanan, serta inovasi lain yang berkaitan dengan pengaplikasian sistem informasi teknologi.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Yos Sudarso Nomor 333, RT.008/RW.004, Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini