Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
KPKNL Ternate Sosialisasikan "Service Excellence" untuk Tingkatkan Kualitas Layanan
Hendra Leo Purba
Selasa, 21 Januari 2020   |   194 kali

Dalam rangka meningkatkan kapabilitas pegawai sebagai pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel, dan juga sebagai katalis bagi perekonomian Indonesia, KPKNL Ternate terus mengupayakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam menghadapi tantangan di tahun 2020. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan Knowledge Sharing terkait pelayanan prima (service excellence) bersama Bank Mandiri Ternate. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat KPKNL Ternate pada Jum’at (17/1), yang dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Ternate dan perwakilan Bank Mandiri Ternate.

Kegiatan Knowledge Sharing dibuka oleh Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika, dimana dalam sambutannya Arif menyampaikan bahwa suatu institusi selalu ingin terus menuju kesempurnaan, serta meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan yang prima. Arif juga berharap dengan diadakan kegiatan ini seluruh pegawai selalu berupaya meningkatkan pelayanan prima kepada stakeholders dan terus mengedepankan etos kerja yang baik dengan tetap menjunjung nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Rombongan Bank Mandiri Ternate dalam lawatannya ke KPKNL Ternate untuk knowledge sharing ini dipimpin oleh PJS Kepala Cabang Bank Mandiri Ternate, Haryo Samekto Adi. Haryo menyampaikan bahwa service atau pelayanan merupakan salah satu hal yang mutlak dan wajib diberikan suatu instansi kepada customers (stakeholders). Service yang diberikan tidak boleh hanya sekedar memenuhi standar, tetapi juga harus luar biasa agar customers merasa lebih dihargai, dengan harapan customers menjadi loyal kepada kita.

Pemaparan lebih rinci mengenai Service Excellence disampaikan oleh Supervisor Customer Service Bank Mandiri Ternate, Dwiki Argawinata. Mengawali materi, Dwiki memaparkan definisi, tujuan, dan arti penting dari Service Excellence. Menurut Dwiki, setiap pelayanan pada dasarnya melibatkan dua dimensi, yaitu: 1) dimensi prosedur yang mencakup kebijakan, praktik, sistem, dan prosedur yang harus dilakukan dalam memberikan pelayanan, serta 2) dimensi personal yang mencakup kemampuan, sikap dan perilaku pemberi layanan pada saat berinteraksi dengan customers. Hal-hal tersebut menjadi dasar dalam pelayanan kepada stakeholders. Setiap pemberi layanan juga diharuskan untuk terus memegang teguh peraturan yang telah ditetapkan, serta tetap menjalin komunikasi yang baik dengan setiap orang.

Knowledge Sharing diselingi dengan permainan dimana narasumber melakukan Role Play Service Excellence dengan dibantu oleh beberapa peserta yang mempraktikkan pelayanan prima kepada customers. Narasumber memperagakan pelayanan yang diawali dengan sikap ramah melalui senyum, salam dan sapa serta mengakhiri layanan dengan ucapan terimakasih. Praktik dalam role play ini diharapkan dapat diimplementasikan secara baik dalam pelayanan yang sesungguhnya.

Kegiatan Knowledge Sharing ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pegawai KPKNL Ternate dalam memberikan pelayanan yang memenuhi standar dan memuaskan stakeholders serta memberikan fokus pelayanan kepada stakeholders. Sinergi antara KPKNL Ternate dan Bank Mandiri Ternate melalui kegiatan seperti ini memberikan kesempatan bagi kedua pihak untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan dalam sebuah forum. Mengingat manfaat serta kemudahan yang dapat dirasakan oleh kedua belah pihak di masa yang akan datang, diharapkan hubungan kemitraan antara KPKNL Ternate dan Bank Mandiri Ternate, atau yang lebih besar lagi seperti Forum BUMN Maluku Utara, menjadi semakin erat, serta dapat lebih membantu para stakeholders di Maluku Utara.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Yos Sudarso Nomor 333, RT.008/RW.004, Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini