Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
Pemanfaatan BMN Oleh Masyarakat di KPKNL Tegal
N/a
Rabu, 22 April 2015   |   1201 kali

Tegal – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tegal melakukan optimalisasi pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dengan memaksimalkan pemanfaatan lahan kosong yang masih tersisa. KPKNL Tegal telah menawarkan kepada perbankan di wilayah Tegal dan juga masyarakat luas dengan cara memasang banner iklan yang cukup menarik. Menurut Kepala KPKNL Tegal, Tuslan, dampak yang diharapkan dari kegiatan pemanfaatan BMN (seperti sewa) adalah agar dapat menjadi contoh positif bagi Satuan-satuan kerja lainnya khususnya yang berada di wilayah kerja KPKNL Tegal. Dan selanjutnya memberikan efek domino yang membuktikan bahwa sesuatu yang kecil bila diperankan dengan baik akan membuat sesuatu itu bermanfaat secara maksimal. Memang nilai sewa tersebut tidaklah seberapa dibanding target nilai penerimaan negara secara nasional dan tanah yang disewakan juga hanya seukuran 6 m2. Namun bukan hanya itu tujuan yang hendak dicapai oleh KPKNL Tegal.

Setelah sukses dan berhasil melakukan kerja sama pemanfaatan BMN berupa tanah yang disewa untuk lokasi ATM milik PT BNI (Persero) Cabang Tegal dengan nilai Rp16.800.000,00 (enam belas juta delapan ratus ribu rupiah) untuk jangka waktu sewa selama 3 (tiga) tahun, tidak lantas membuat KPKNL Tegal berpuas diri dan berhenti berinovasi.

Pengelolaan BMN merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengelolaan keuangan negara yang secara umum terkait dengan nilai aset, pemanfaatan aset, dan pencatatan nilai aset dalam neraca. Sedangkan pengelolaan aset ke depan lebih dituntut agar dapat mengembangkan atau mengoptimalkan pemanfaatan aset negara (BMN) guna meningkatkan dan mendongkrak Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

KPKNL Tegal sebagai Pengelola Aset BMN yang mempunyai wilayah kerja meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang disamping harus profesional dalam melakukan pengelolaan BMN juga dituntut kreatif dalam mencari terobosan terkait peran serta dalam pembangunan khususnya untuk ikut menyumbang penerimaan negara. (penulis/foto:PKN-KPKNL Tegal)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. KS. Tubun No. 12 Tegal - 52124
(0283) 324986
(0283) 321785
kpknltegal@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini