Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
DKO Triwulan I KPKNL Tegal : "Capaian Triwulan I 2023 Sebagai Pijakan Mencapai NKO Yang Optimal".
Prasodjo Mulyo Pamudji
Rabu, 05 April 2023   |   28 kali

Tegal - Siklus manajemen kinerja diawali dengan penandatanganan kontrak kinerja oleh Kepala Kantor dengan Kepala Kanwil DJKN Jateng dan  DIY pada 31 Januari 2022, selanjutnya penandatangan sasaran kinerja pegawai seluruh pejabat/pegawai KPKNL Tegal. Langkah-langkah peningkatan kualitas kinerja berbasis Strategy Focused Organization (SFO) terus dilakukan. Kinerja dan resiko adalah dua hal yang saling berkaitan. Dalam pencapaian kinerja perlu dikelola risiko yang akan berpengaruh dalam pencapaian kinerja tersebut. Maka evaluasi kinerja, pemetaan dan mitigasi risiko harus dilakukan secara periodik. Dialog Kinerja Organisasi merupakan sarana yang diharapkan efektif dalam mencapai kinerja yang optimal, selain Dialog Kinerja Individu (DKI).

Pelaksanaan Dialog Kinerja Organisasi Triwulan I ini dilaksanakan melalui Ms Teams dan dipimpin oleh Aris Purwanto Plt. Kepala KPKNL diikuti oleh para pegawai pada hari Rabu (5/04). DKO merupakan salah satu alat evaluasi untuk mengukur sejauh mana tingkat efektifitas dan efisiensi kinerja KPKNL Tegal selama Triwulan I Tahun 2023. Besar kecilnya hasil yang diperoleh tidak terlepas dari kualitas kinerja KPKNL Tegal dalam pencapaian tujuan organisasi.

Dalam paparannya, Edi Sudiman Kepala Seksi Kepatuhan Internal menyampaikan capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Tegal Triwulan I 2023 sebesar 117,98% dimana dari 20 IKU, terdapat 12 IKU berstatus hijau, dan 8 IKU berstatus abu-abu, yaitu IKU  Tingkat Efektifitas Tindak Lanjut Persetujuan Pengelolaan Barang Milik Negara, IKU Tingkat Kesesuaian Penggunaan BMN dengan Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK), dan IKU Persentase Barang Milik Negara berupa Tanah yang Disertipikatkan. Ketiga IKU tersebut sudah ada proges capaian dan akan terus dilakukan upaya agar capaiannya maksimal. Terkait tindaklanjut  hasil DKO Triwulan lV tahun 2022 telah dilaksanakan dan masih ada beberapa yang masih terus dijalankan pada periode triwulan I 2023 khususnya upaya pencapaian PNBP Pengelolaan BMN yang belum memenuhi target.

Edi Sudiman menambahkan bahwa ada beberapa hal berpotensi mempengaruhi realisasi pencapaian kinerja Hasil Lelang yaitu masih banyaknya lelang TAP dan nilai lelang yang laku terjual relatif kecil. "Sampai dengan Triwulan I persentase lelang TAP sebesar 71,69% yaitu sebanyak 119 frekuensi  dari total 166 frekuensi). Dibandingkan sampai dengan Triwulan IV tahun 2022 lelang TAP sebesar 52,53%. Frekuensi lelang TAP mengalami kenaikan antara Triwulan I 2023 dengan Triwulan IV 2022," ungkapnya.

Selanjutnya dalam DKO Triwulan I ini, dimintakan tanggapan dan diskusi untuk mengetahui akar masalah dari banyaknya lelang TAP dan  juga nilai lelang laku yang kecil serta upaya pencapaiani target IKU yang menjadi tanggung jawab Seksi PKN. Dari hasil diskusi, disepakati  alternatif langkah–langkah yang akan ditempuh antara lain dengan melakukan koordinasi/wasdal kepada satker atas aset BMN yang belum dioptimalisasi, melakukan konfirmasi kepada KPPN Tegal terkait PNBP Aset, melakukan penggalian potensi lelang baik melalui surat maupun datang langsung ke pemohon lelang /stakeholders serta melakukan promosi/pemasaran lelang barang-barang yang di lelang melalui medsos KPKNL Tegal.

Sebagai penutup, Aris Purwanto mengapresiasi atas capaian NKO Triwulan I 2023 dan meminta agar para punggawa KPKNL Tegal bekerja keras, bekerja cerdas dan terus semangat untuk mencapai NKO yang optimal. “Jangan terlena dengan capaian ini, tetapi jadikan sebagai pijakan untuk mencapai hasil yang optimal. Selanjutnya perlu disusun langkah-langkah/ rencana aksi yang relevan sehingga diharapkan dapat meningkatkan pencapaian kinerja organisasi” pungkas Aris. (Penulis : Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. KS. Tubun No. 12 Tegal - 52124
(0283) 324986
(0283) 321785
kpknltegal@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini