Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
Kick Off 115 Tahun Lelang Indonesia : "Dengan digitalisasi, kompetisi publik dalam Lelang Indonesia sudah sangat transparan"
Prasodjo Mulyo Pamudji
Rabu, 15 Maret 2023   |   84 kali

Tegal - Selama 2 hari, KPKNL Tegal menyenggarakan kegiatan kick Off 115 Lelang Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada 14 dan 15 Maret 2023 bertempat di hotel Premiere Tegal, dengan agenda sosialisasi lelang eksekusi Hak Tanggungan dan lelang Non Eksekusi WajibBMN/BMD serta Lelang Award 2023 untuk kategori Pokok Lelang dan Produktifitas Lelang.

Hari pertama, Selasa (14/3) peserta yang diundang adalah Satuan Kerja dan Pemerintah Daerah di wilayah kerja KPKNL Tegal yang selama 2022 mengajukan permohonan lelang. Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini, Prasodjo Mulyo Pamudji Kepala Seksi Hukum dan Informasi yang mewakili Plt.Kepala KPKNL Tegal menyampaikan bahwa Lelang Indonesia yang  berusia115 tahun, telah bertransformasi menjadi salah satu sarana jual beli yang  efisien, prosesnya singkat, prosedurnya sederhana, dan memudahkan bagi para pihak penjual dan pembeli dalam mengikuti lelang.  

“Dengan digitalisasi, kompetisi publik dalamLelang Indonesia sudah sangat transparan. Dalam arti setiap peserta diberi hakyang sama dalam memperoleh informasi dan melakukan penawaran harga lelang”, ujar Prasodjo. Selanjutnya, Triyanto Pelelang Ahli Muda menyampaikan materi tentang lelang Non Eksekusi Wajib BMN/BMD.

Sebagai penerima Lelang Award kategori PokokLelang BMN yaitu Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautandan Perikanan, sedangkan untuk Produktifitas Lelang yang menerima penghargaan KPP Pratama Kota Tegal. Untuk Instansi Pemerintah Daerah, yang menerima penghargaan kategori Pokok Lelang BMD yaitu BPKAD Kab. Brebes, sedangkan yangmenerima penghargaan Produktifitas Lelang BMD adalah Bagian Keuangan Daerah Pemerintah Kota Tegal.

Kepala BPKAD Kab. Brebes dalam testimoninya menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPKNL Tegal, karena melalui lelang bongkaran eks. Pasar dan terminal yang menurut perkiraan tidak akan laku dengan nilai limit 400 juta, tetapi saat pelaksanaan lelang bisa laku terjual 3 kali lipatnya.

Hari kedua, Rabu (15/3) peserta yang diundang adalah pihak Perbankan, BPR, Koperasi dan Lembaga Keuangan Non Perbankan yang mengajukan permohonan lelang selama tahun 2022. Sebagai pemateri Proses Bisnis Lelang Eksekusi Hak Tanggungan yaitu Guntar Arifin Pelelang Ahli Muda.

Sebagai penerima Lelang Award kategori Pokok Lelang Perbankan yaitu PT. Bank Mandiri Tbk. RRCR VII Jawa II, , sedangkan untuk Produktifitas Lelang yang menerima penghargaan PT. Bank Tabungan Negara Cab. Pekalongan. Untuk pemohon lelang dari BPR, Koperasi dan Lembaga Keuangan Non Perbankan, yang menerima penghargaan kategori Pokok Lelang ProduktifitasLelang PNM Kota Tegal.

Sebagai sarana jual beli yang dilaksanakan di hadapan Pejabat Publik yang diangkat oleh negara yaitu Pejabat Lelang,pelaksanaan lelang memberikan kepastian bagi para pihak yang terlibat. Selainitu, pelaksanaan lelang juga akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.  


(HI KPKNL Tegal)


Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. KS. Tubun No. 12 Tegal - 52124
(0283) 324986
(0283) 321785
kpknltegal@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini