Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Artikel
Pentingnya Kecerdasan Emosional di Masa Pandemi
Ratna Astuti
Selasa, 11 Agustus 2020   |   8357 kali

Kita tidak pernah menyangka akan adanya pandemi di tahun 2020 ini. Pandemi sebelumnya pernah terjadi  102 tahun yang lalu (tahun 1918). Kondisi pandemi, bukanlah kondisi yang diinginkan namun sudah ditetapkan Yang Maha Kuasa. Hal ini menimbulkan banyak perubahan yang terjadi. Pada kondisi pandemi, kita menghadapi situasi yang berubah dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Namun demikian jangan sampai terjadi keterpurukan. Perubahan  yang terjadi sangat luar biasa dan jangan sampai terjadi pandemi global sehingga menimbulkan bencana Covid19  yang baru. Kita harus selalu menjaga protokol kesehatan dengan disiplin, jangan sampai  terjadi pembatasan sosial berskala besar untuk yang kedua kalinya.

 

DJKN  memiliki peran  dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Lalu bagaimanakah kita sebagai insan DJKN  menyikapi  perubahan karena adanya pandemi  ini?.  Tentu hal ini tidaklah mudah, di tengah masalah ada kesempatan untuk berkarya menjadi bagian pemecah masalah.

 

Peristiwa pandemi covid-19 pada awalnya dapat menimbulkan keadaan yang kurang menyenangkan, sehingga hal yang terjadi adalah emosi negatif, karena kita tidak bebas lagi bepergian dan melakukan pertemuan-pertemuan dan harus selalu  menjaga jarak. Di sini dibutuhkan pengelolaan emosi yang baik dan cerdas.

 

Pengaruh positif kecerdasan emosional  terhadap pengendalian  kondisi psikologis atas perubahan sangatlah tinggi. Dengan adanya kecerdasan emosional yang tinggi,seseorang dapat memiliki pemahaman kesadaran diri yang baik tentang emosi dirinya, memiliki kemampuan mengatur diri, kemampuan untuk  mencoba yang terbaik, memiliki pemahaman yang baik tentang orang-orang di sekitarnya serta senantiasa memelihara hubungan sosial. Dengan demikian,  kecerdasan emosional  memperkuat  pengendalian kondisi  psikologis atas suatu perubahan,  karena meningkatkan rasa bahwa dengan perubahan kita harus bisa tetap bertahan. Dengan demikian kecerdasan emosional, mampu memperkuat pengaruh  terhadap pengendalian kondisi psikologis dalam menghadapi perubahan

 

Dengan adanya kecerdasan emosional yang tinggi seseorang dapat memiliki pemahaman kesadaran diri yang baik tentang emosi dirinya sendiri, memiliki kemampuan mengatur diri, kemampuan untuk senantiasa mendorong diri untuk mencoba yang terbaik, memiliki pemahaman yang baik tentang orang-orang di sekitarnya serta senantiasa memelihara hubungan sosial.  maka kecerdasan emosional  dapat meningkatkan rasa  walaupun terdapat perubahan, kita dapat tetap bertahan,  sehingga organisasi pun senantiasa berjalan dan mampu menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan.

 

Dengan kecerdasan emosional yang tinggi dan diimbangi  kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual yang telah dimiliki oleh insan DJKN diharapkan kita dapat optimal dalam mensukseskan Program Pemulihan Ekonomi Nasional, sehingga masyarakat memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan sehat serta kesejahteraan masyarakat pun meningkat. (Penulis : Ratna Astuti _ HI KPKNL Tegal)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini