Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Replikasi Inovasi Hi, U!, Kepala KPKNL Pontianak: Supaya Penataan Arsip Naik Kelas
Melliana Andriani Susanto
Minggu, 13 Februari 2022   |   132 kali

Tarakan – Laksono Mustiko Aji, penggagas inovasi di bidang pengelolaan arsip Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan berbagi mengenai aplikasi ciptaannya kepada para pegawai KPKNL Pontianak pada Rabu (9/2). Aplikasi yang bertajuk Hi, U! tersebut telah berhasil mengawal proses penataan arsip KPKNL Tarakan hingga menyabet Juara I Lomba Pengelolaan Arsip Unit Vertikal DJKN Tahun 2021. Kegiatan knowledge sharing yang dibawakan Laksono dilaksanakan secara daring serta dihadiri oleh para pegawai KPKNL Tarakan dan KPKNL Pontianak.

Hi, U! adalah sebuah database permohonan layanan atas tugas dan fungsi subbagian umum yang progresnya dapat dipantau oleh pengguna layanan. Melalui aplikasi ini, layanan peminjaman arsip dikemas menjadi lebih mudah namun tetap mengedepankan akuntabilitas. Dengan sistem pengoperasian yang berbasis online, aplikasi ini juga adaptif terhadap pola kerja baru yang menerapkan flexible working space.

Dalam kegiatan ini, Kepala KPKNL Pontianak M. Arif Setyawantika beserta jajaran melakukan pendalaman mengenai pembangunan dan proses bisnis aplikasi Hi, U!. Ia menyatakan keinginan untuk mereplikasi inovasi tersebut agar penataan arsip di unit yang dipimpinnya dapat menjadi lebih baik dan “naik kelas”.

“Terus terang, kami menunggu waktu untuk bisa segera belajar langsung dari narasumber yang memiliki aplikasi kearsipan,” ungkap Arif.

Untuk memperdalam pemahaman, Laksono juga mendemokan penggunaan aplikasi Hi, U! mulai dari pembuatan permohonan, verifikasi, hingga eksekusi. Selain layanan peminjaman arsip, aplikasi ini juga memiliki fitur permintaan ATK/barang persediaan, peminjaman kendaraan dinas, serta penyampaian kritik dan saran atas layanan Subaggian Umum.

“Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi kita semua, tidak hanya bagi KPKNL Pontianak untuk bisa mereplikasi, tapi juga bagi KPKNL Tarakan,” ujar Kepala KPKNL Tarakan Doni Prabudi. (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini