Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang II > Berita
ANUGERAH REKSA BANDHA KPKNL TANGERANG II, APRESIASI PENGELOLAAN KEKAYAAN NEGARA TAHUN 2023
Teguh Hari Prasetyo
Senin, 14 Agustus 2023   |   182 kali

Rabu, 9 Agustus 2023 KPKNL Tangerang II menyelenggarakan kegiatan Anugerah Reksa Bandha Tahun 2023. Anugerah Reksa Bandha 2023 diberikan sebagai apresiasi atas kinerja terbaik dalam bidang pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, dan layanan lelang. Kegiatan Anugerah Reksa Bandha telah diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sejak tahun 2011 (dahulu bernama BMN Awards) hingga saat ini mendapatkan respon positif dari Kementerian/Lembaga, Perbankan, dan Balai Lelang yang ditunjukkan dengan meningkatnya kesadaran dan kinerja pengelolaan BMN. Reksa Bandha sendiri merupakan istilah yang diambil dari bahasa sansekerta yang memiliki makna penjaga harta kekayaan. Dalam hal ini, Anugerah Reksa Bandha adalah sebuah momentum apresiasi di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Piutang Negara dan Lelang yang diharapkan akan semakin menyatukan semangat dalam menjaga dan mengelola Kekayaan Negara secara optimal.

KPKNL Tangerang II memilih lokasi yang berbeda dalam penyelenggaran Anugerah Reksa Bandha Tahun 2023, yakni di Politeknik Enjiniiring Pertanian Indonesia (PEPI) yang berlokasi di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD City) Kabupaten Tangerang. Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Tangerang II, Salbiah menyampaikan bahwa pemilihan PEPI Serpong sebagai venue acara bukanlah tanpa alasan. Salbiah mengatakan bahwa KPKNL Tangerang II ingin menunjukkan bahwa BMN memiliki potensi yang sangat besar dan beragam untuk dioptimalkan pemanfaatannya, baik untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), maupun menunjang perekonomian masyarakat. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh satuan kerja untuk terus menggali dan mengeksplorasi potensi optimalisasi BMN yang dimiliki dan dikuasai.

Dalam kesempatan ini KPKNL Tangerang II memberikan empat puluh penghargaan kepada mitra kerja dengan kinerja terbaik di bidang pengelolaan BMN, lelang, dan piutang negara. berdasarkan evaluasi kinerja selama periode tahun 2021 sampai dengan 2022. Keempat puluh penghargaan tersebut terbagi dalam beberapa kategori, yaitu:

1.    Bidang Pengelolaan Barang Milik Negara, dikelompokkan sesuai dengan nilai dan jumlah BMN berupa tanah yang dikelola oleh satuan kerja, terdiri dari:

a.         Kategori Utilisasi BMN,

b.        Kategori Sertipikasi BMN,

c.         Kategori Peningkatan Tata Kelola Berkesinambungan (Continuous Improvement), dan

d.        Kategori Kerjasama Tata Kelola Pengelolaan BMN (Peer Collaboration);

2.    Bidang Piutang Negara, terdiri dari:

a.       Kategori Penyerah Piutang dengan pelunasan terbanyak,

b.      Kategori Penyerah Piutang dengan debitur pelunasan terbesar,

c.       Kategori Penyerah Piutang dengan penyelesaian BKPN terbanyak, dan

d.      Kategori Penyerah Piutang dengan kontribusi PNBP terbanyak.

3.    Bidang Lelang, terdiri dari:

a.       Kategori Pokok Lelang dan PNBP Tertinggi (Perbankan)

b.      Kategori produktivitas lelang tertinggi (Perbankan)

c.       Kategori Pokok Lelang dan PNBP Tertinggi (Non Perbankan)

d.      Kategori produktivitas lelang tertinggi (Non Perbankan)

Sebagai bagian dari upaya menuju pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) di Tahun 2024 segenap jajaran KPKNL Tangerang II mohon dukungan dari seluruh pihak berupa saran, kritik, dan masukan terkait kualitas pelayanan melalui berbagai saluran/media yang telah tersedia. Secara berkala KPKNL Tangerang II melakukan internalisasi dan sosialisasi anti korupsi, anti gratifikasi dan benturan kepentingan. Dengan adanya kegiatan Anugerah Reksa Bandha Tahun 2023 semoga menambah motivasi seluruh stakeholder KPKNL Tangerang II untuk terus melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan kekayaan negara, piutang negara dan lelang demi keberlangsungan dan kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia, karena #AsetNegara_MilikKita.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Sukaasih, Tangerang
(021) 55771197,55771198
(021) 55771195
kpknltangerang2@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini