Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang II > Berita
BPK RI Lakukan Pemeriksaan di KPKNL Tangerang II
Fariha
Rabu, 15 Maret 2023   |   99 kali

Kamis (2/3), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) melaksanakan kunjungan ke KPKNL Tangerang II dalam rangka pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Keuangan (BA015) Tahun Anggaran 2022 pada Kementerian Keuangan dan instansi terkait lainnya. Pemeriksaan keuangan bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal material, sesuai dengan prinsip akuntansi yang  berlaku umum. Bertempat di ruang rapat KPKNL Tangerang II, pemeriksaan pada KPKNL Tangerang II dilaksanakan selama 1 (satu) hari dimulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Sebelum pemeriksaan dimulai oleh BPK RI, dilakukan entry meeting di ruang rapat KPKNL Tangerang II. Dalam entry meeting, Kepala KPKNL Tangerang II – Salbiah menyambut baik kedatangan Tim Pemeriksa BPK RI. “Kami menyambut baik pemeriksaan ini sehubungan dengan evaluasi penyelenggaraan keuangan di KPKNL Tangerang II. Untuk mendukung kegiatan pemeriksaan, kami telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.”, pungkas Salbiah.

Pemeriksaan dilakukan oleh tim Pemeriksa BPK RI meliputi 6 (enam) agenda, diantaranya Paparan Laporan Keuangan UAKPA (Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran), Pemeriksaan Kas Bendahara dan Kas Lainnya setara Kas, Pemeriksaan PNBP Bea Lelang dan Biaya Pengurusan Administrasi Piutang Negara (Biad) dan Piutang PNBP, Cash Opname Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran, Realisasi Pemberian Cash Program piutang Tahun 2022 dan Pemeriksaan Kewajiban (Utang Jangka Pendek) Tahun 2022. Tim dari KPKNL yang terkait dengan agenda pemeriksaan telah ditunjuk untuk mendampingi tim Pemeriksa BPK RI, diantaranya Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, perwakilan dari Pejabat Lelang, Subbagian Umum, Seksi Piutang Negara, dan Seksi Kepatuhan Internal.

Menutup sambutannya, Salbiah menambahkan bahwa KPKNL telah melakukan penyelenggaraan tugas dan fungsi sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku. Diharapkan dengan adanya pemeriksaan ini, dapat menjadi bahan evaluasi bagi KPKNL untuk perbaikan kedepannya guna meningkatkan layanan kepada stakeholder. “KPKNL yakin telah menerapkan SOP dalam segala layanan dan penyelenggaraan keuangan di KPKNL Tangerang II. Dengan adanya hasil pemeriksaan nanti, kami berharap dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan tugas dan fungsi KPKNL Tangerang II.”, tutur Salbiah.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Sukaasih, Tangerang
(021) 55771197,55771198
(021) 55771195
kpknltangerang2@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini