Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang II > Berita
KPKNL Serpong Lakukan Penilaian Hanggar Pesawat
N/a
Kamis, 09 Februari 2017   |   1067 kali

Serpong – Rabu (8/02/2017) Tim Penilai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Serpong melakukan survey lapangan untuk penilaian BMN berupa hanggar pada Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Kementerian Perhubungan, yang terletak di Jalan Raya STPI Curug, Desa Rancagong, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Penilaian terhadap bangunan hanggar seluas 3.410 m2 tersebut dilakukan menindaklanjuti permohonan penilaian dari Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, terkait perpanjangan sewa dalam rangka pemanfaatan BMN pada BalaiKalibras I Fasilitas Penerbangan.

Tim Penilai yang diketuai Pamungkas dengan anggota Dendi Sutendi dan Supitriana melakukan survey lapangan didampingi oleh Tim Penilai dari Kanwil DJKN Serang dan petugas dari Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan.

Pelaksanaan survey dan penilaian didampingi oleh perwakilan Direktorat Penilaian Pramidya Dwi Cahyadi. Pramidya memberikan bantuan teknis penilaian karena obyek yang dinilai termasuk dalam kategori bangunan dengan spesifikasi khusus, dan KPKNL Serpong belum pernah dilakukan.

Pada saat survei dilaksanakan,bangunan hanggar tersebut dipergunakan sebagai tempat workshop and repairing pesawat. Hanggar B berupa bangunan bengkel berada satu komplek dengan kantor Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan yang berlokasi di Jalan Raya STPI Curug, Desa Rancagong, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Akses menuju lokasi objek penilaian dapat dicapai dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat dari Jalan Raya PLP Curug. Jalan menuju lokasi agak rusak dan banyak dilalui truk-truk besar pengangkut pasir sehingga sedikit menyulitkan tim menuju lokasi.

Kondisi bangunan, sebagian besar merupakan bangunan lama, berumur ± 20 tahun, dengan perawatan berkala, namun sangat dibutuhkan renovasi besar sehingga dari sisi desain bisa up to date, dan dari unsur keselamatan pun dapat ditingkatkan, karena dibeberapa titik objek Penilaian sangat membutuhkan perbaikan.
Secara umum konsep pembangunan hanggar, mirip pembangunan kantor pada umumnya, namun bangunan hanggar dikategorikan sebagai propert I khusus karena mempunyai struktur dan luas yang telah ditentukan sesuai standar penggunaan hanggar. Selain itu, fungsi hanggar sangat ditentukan oleh perencanaan saat hanggar akan di bangun.

Sebagian hanggar digunakan sebagai tempat penyimpanan pesawat dan sebagian lainnya digunakan sebagai bengkel perbaikan pesawat. (Team HI Serpong – Foto :Supitriana)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Sukaasih, Tangerang
(021) 55771197,55771198
(021) 55771195
kpknltangerang2@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini