Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang I > Berita
Aksi Perubahan Bidang Wasdal BMN
Syam Anugrah
Senin, 10 Mei 2021   |   212 kali

Tangerang – KPKNL Tangerang I menyelenggarakan sharing session dalam rangka implementasi rancangan aksi perubahan yang digagas oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Tangerang 1, Haryanah pada hari Jumat tanggal 7 Mei 2021 melalui media virtual Zoom.

Kepala Kanwil DJKN Banten, Nuning Sri Rejeki Wulandari, yang berkesempatan hadir memberikan opening speech dengan menyampaikan dukungan atas pelaksanaan rancangan aksi perubahan yang dilaksanakan oleh KPKNL Tangerang 1 sebagai Pengelola Barang yang senantiasa berperan aktif mengawal peran serta Kuasa Pengguna Barang dalam pengelolaan Barang Milik Negara. Selanjutnya, "Kami mengharap partisipasi aktif dari Satuan Kerja untuk menggali lebih jauh dalam mengoptimalkan pengelolaan Barang Milik Negara sesuai tugas dan bidangnya", tutupnya.

Aksi perubahan yang dilakukan oleh KPKNL Tangerang 1 mengangkat topik “Upaya peningkatan pemahaman Satuan Kerja dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara pada Satuan Kerja Lingkup KPKNL Tangerang I” yang dilatarbelakangi oleh adanya database Barang Milik Negara yang belum tersaji dengan akurat, valid dan akuntable sebagai tindaklanjut dari pengawasan dan pengendalian Barang Milik Negara (Wasdal BMN) belum dilakukan oleh Satuan Kerja secara optimal.

KPKNL Tangerang 1 tentunya mempunyai peran aktif atas pelaksanaan Wasdal BMN yang belum optimal dimaksud sebagai akibat kurangnya pemahaman Satuan Kerja terhadap pelaksanaan Wasdal BMN dengan memberikan pembinaan yang berkelanjutan, melalui pembagian jadwal pembinaan bagi masing-masing Satuan Kerja dan melakukan sharing session. Pembinaan bertujun untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manuasi (SDM) Satuan Kerja yang masih kurang, baik disebabkan oleh beban kerja yang multitasking maupun karena komitmen yang kurang dalam penugasan. Disamping itu, diketahui bahwa media pembelajaran yang ada belum optimal dimana petunjuk teknis yang ada pada beberapa Kementerian/Lembaga belum memberikan panduan yang cukup detil dan pembelajaran masih sebatas tata cara penyusunan laporan saja.

Senada dengan hal tersebut, Kepala KPKNL Tangerang 1, Mas Agus Subakti dalam sambutannya yang menjelaskan perlunya dilakukan kegiatan sharing session yaitu :

1.      sebagai salah satu bentuk tugas pembinaan selaku Pengelola Barang sekaligus pelaksanaan wasdal BMN itu sendiri,

2.      bahwa data dalam Laporan Wasdal BMN masih kurang menunjang fungsi pengawasan Pengelola Barang dan pelaksanaan pemantauan insidentil belum optimal, dan

3.      dari hasil Audit BPK diharapkan laporan hasil wasdal disesuaikan untuk mengakomodir BMN yang terindikasi idle/terkonfirmasi idle.

Pemaparan selanjutnya terkait sharing session disampaikan secara jelas dan gamblang oleh Haryanah sebagai pemateri disela-sela beliau menunggu panggilan antrian untuk Vaksinasi COVID-19 dengan harapan bahwa dalam acara ini dapat meningkatkan pemahaman lebih dalam dan sama kepada seluruh Pejabat/Petugas dari Satuan Kerja di Wilayah Kerja KPKNL Tangerang I terkait proses pengelolaan BMN dan prosesnya, Pengelola Barang dapat mengetahui permasalahan pengelolan BMN yang dihadapi oleh Satuan Kerja untuk diperoleh solusi dan diterapkan oleh seluruh Satuan Kerja lainnya dan dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara Kuasa Pengguna Barang dan Pengelola Barang.

 

Pembinaan kepada Satuan Kerja lingkup KPKNL Tangerang 1 akan terus diupayakan untuk perbaikan berkelanjutan dalam proses pengelolaan BMN.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (T.M.P.) Taruna - Kota Tangerang 15111
(021) 55794272
(021) 55794017
kpknltangerang1@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini