Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
Kunjungan Kerja Kepala KPKNL Sorong ke Distrik Navigasi Kelas I Sorong
Bahrahmat Simamora
Rabu, 14 September 2022   |   209 kali

Sorong (14/9) KPKNL Sorong dipimpin Antonius Arie Wibowo dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Sorong. Kunjungan diterima Kepala Disnav Kelas I Sorong Saham Amir Syarif dan jajarannya. Kunjungan merupakan undangan dari Disnav Kelas I Sorong kepada KPKNL Sorong. Disnav Kelas I Sorong berkeinginan untuk melakukan replikasi inovasi “Jendela Umum” KPKNL Sorong. Agenda kunjungan selain memberikan pemaparan terkait inovasi KPKNL Sorong juga melakukan percepatan pensertipikatan BMN berupa tanah yang dimiliki oleh Disnav Kelas I Sorong.

KPKNL Sorong pada tahun 2020 telah menerima penghargaan sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Salah satu inovasi yang dikembangkan adalah inovasi berupa aplikasi dengan nama Jendela Umum. Jendela Umum merupakan sarana menyampaikan informasi layanan dari Subbagian Umum kepada semua pegawai dilingkungan KPKNL Sorong. Informasi yang disampaikan terkait layanan keuangan, layanan kepegawaian dan layanan perlengkapan. Melalui Jendela Umum seluruh pegawai juga dapat menyampaikan saran, masukan dan keluhan guna perbaikan layanan.

Antonius mengatakan pada awal September 2022, telah terbit 25 buah sertipikat bidang tanah pada Disnav Kelas I Sorong. Pada Disnav Kelas I Sorong masih terdapat BMN berupa tanah yang belum bersertipikat atau bersertipikat belum sesuai ketentuan. Untuk mensukseskan target pensertipikatan, beliau meminta Disnav Kelas I Sorong untuk melakukan sinergi dengan Kantor Pertanahan setempat. Untuk keinginan melakukan replikasi inovasi KPKNL Sorong, beliau sangat mendukung dan hal tersebut menunjukkan sinergi yang baik antara KPKNL Sorong dengan Disnav Kelas I Sorong.  

Terkait percepatan sertipikasi, Saham menjelaskan kendala Disnav Kelas I Sorong dalam pengajuan permohonan sertipikat ke kantor pertanahan. Kendala yang dihadapi telah dimitigasi dan dijadikan bahan dalam proses percepatan pensertipikatan. Terkait aplikasi Jendela Umum, Saham mengatakan keinginan untuk mereplikasi inovasi tersebut karena Jendela Umum sangat membantu pada bagian keuangan dan perlengkapan di Disnav Kelas I Sorong. Saat ini, Disnav Kelas I Sorong telah memulai proses digitalisasi dengan penggunaan aplikasi persuratan dalam mendata  surat yang masuk. Terkait Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang ada pada Disnav Kelas I Sorong, beliau mengharapkan BMN pada Disnav Kelas I Sorong dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menghasilkan penerimaan PNBP. Disnav Kelas I Sorong kedepannya akan menerapkan Pola Pengelolalan Keuangan Badan Layanan Umum.

Di akhir kunjungannya, Antonius mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Disnav Kelas I Sorong dan berharap kerjasama yang sangat baik ini dapat diteruskan. Terus bersinergi agar selalu meningkatkan dan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna layanan.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Sorong, Jl. Basuki Rahmat Km. 7 Kota Sorong, Papua Barat Daya - 98419
(0951) 324868
kpknl.sorong@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini