Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
Kunjungan Kerja KPKNL Sorong ke Kabupaten Kaimana
Bahrahmat Simamora
Rabu, 31 Agustus 2022   |   142 kali

Kaimana (30/8) KPKNL Sorong dan jajaran melakukan kunjungan kerja ke satuan kerja yang berada di Kabupaten Kaimana Papua Barat. Satuan kerja yang dikunjungi adalah Kementerian Agama Kabupaten (Kemenag) Kaimana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaimana, Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Kaimana, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Babo yang ada di Kabupaten Kaimana dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kaimana. Kunjungan kerja dipimpin oleh Kepala KPKNL Sorong Antonius Arie Wibowo dan diikuti Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Rizar Anugraha dan Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Ahli Muda Ferry N Suryahadi.

Agenda kunjungan pada Kemenag Kabupaten Kaimana terkait pelaksanaan Evaluasi Kinerja (Portofolio Aset), pengukuran tingkat kesesuaian penggunaan Barang Milik Negara (BMN) dengan Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) dan bimbingan terkait pensertipikatan BMN berupa tanah. Rombongan KPKNL diterima oleh Mustafa Musa Buatan selaku Kepala Kantor Kemenag Kaimana. Rizar menjelaskan dengan adanya evaluasi kinerja BMN dan SBSK BMN diharapkan Kemenag Kabupaten Kaiman dapat meningkatan layanan publik yang diberikan kepada masyarakat, melakukan penghematan biaya dan optimalisasi BMN serta peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak dari pengelolaan BMN.

Pada KPU Kabupaten Kaimana, rombongan KPKNL diterima Kepala KPU Kaimana Ahmad Rivai Lakuy. Agenda kunjungan adalah bimbingan terkait pensertipikatan BMN berupa tanah dan melakukan survei lapangan dalam rangka penilaian terkait pemindahtangan BMN. Bimbingan dan survei lapangan dilaksanakan oleh Rizar dan Ferry. Ferry menjelaskan survey lapangan dalam rangka penilaian bertujuan untuk mengetahui nilai wajar dari BMN tersebut.

Rombongan selanjutnya melakukan koordinasi dengan Kantah Kabupaten Kaiman terkait program percepatan sertipikasi BMN berupa tanah pada satuan kerja di wilayah kerja Kantah Kabupaten Kaimana khususnya BMN berupa tanah yang belum tercatat pada SIMAN. Kunjungan diterima Kepala Kantah Kabupaten Kaiman Mudazzir. Antonius pada kesempatan tersebut menjelaskan pensertipikatan BMN terdiri dari penerbitan sertipikat baru atas BMN yang belum ada bukti kepemilikannya dan perubahan nama pemegang hak pada sertipikat BMN berupa tanah untuk BMN yang nama pemegang haknya belum atas nama Pemerintah Republik Indonesia cq. Kementerian Negara/Lembaga menjadi atas nama Pemerintah Republik Indonesia cq. Kementerian Negara/Lembaga.

Rombongan KPKNL juga mengunjungi KPPBC Tipe Madya Pabean C Babo yang ada di Kabupaten Kaimana. KPPBC yang ada di Kabupaten Kaimana merupakan unit teknis yang menangani pelayanan bea cukai di Kabupaten Kaimana. Hal ini karena  KPPBC Tipe Madya Pabean C Babo berkantor di Kabupaten Fakfak dan salah satu wilayah kerjanya adalah Kabupaten Kaimana. KPPBC Tipe Madya Pabean C Babo mengajukan permohonan persetujuan alih status penggunaan BMN yang berlokasi di Kabupaten Kaimana kepada Unit Penyelenggara Pelabuhan Kabupaten Kaimana.

Kunjungan kerja di Kabupaten Kaimana diakhiri dengan kunjungan ke Pemda Kabupaten Kaimana Cq. BPKAD. Rombongan KPKNL Sorong diterima Kepala BPKAD Arsami. Tujuan kunjungan untuk mempererat hubungan kerja antara sekaligus penggalian potensi pengurusan piutang daerah. Antonius menyampaikan KPKNL Sorong sebagai unit organisasi di bawah Kementerian Keuangan mempunyai tugas dan fungsi utama antara lain Pengelolaan Kekayaan Negara, Pengurusan Piutang Negara/Daerah, dan Pelayanan Lelang. Dengan adanya tugas dan fungsi Pengurusan Piutang Negara/Daerah diharapkan KPKNL Sorong dapat bersinergi dengan Pemda Kaimana dalam menyelesaikan Piutang Daerah yang ada pada Pemda Kaimana.

Sebagai pimpinan dan sekaligus role model dalam pembangunan Zona Integritas, Antonius dalam setiap kunjungan kerjanya selalu menyampaikan KPKNL Sorong sedang melakukan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani  (WBBM) Tahun 2022. Seluruh satuan kerja yang dikunjungi di Kabupaten Kaimana turut mendukung KPKNL Sorong dalam memperoleh predikat WBBM tahun 2022.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Sorong, Jl. Basuki Rahmat Km. 7 Kota Sorong, Papua Barat Daya - 98419
(0951) 324868
kpknl.sorong@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini