Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singaraja > Berita
Penilaian Benda Sitaan dan Sebagian Tanah Kosong pada Kejaksaan Negeri Karangasem
I Gede Nyeng Budayasa
Jum'at, 07 Mei 2021   |   162 kali

KPKNL Singaraja melaksanakan Penilaian Benda Sitaan berupa Sepeda Motor dan Penilaian Barang Milik Negara  berupa sebagian Tanah Kosong untuk Pemanfaatan/Sewa Kantin pada Kejaksaan Negeri Karangasem yang dilaksanakan pada Tanggal 06 Mei 2021.  Sebagai salah satu bentuk pengelolaan Barang Milik Negara, kegiatan penilaian memiliki peranan penting dalam menentukan nilai dari Barang Milik Negara/Daerah yang digunakan oleh setiap satuan kerja diwilayah KPKNL Singaraja.

 

Proses pelaksanaan penilaian dilakukan dalam berbagai tahap, yaitu, pengumpulan data awal, survei lapangan, analisis data, penentuan pendekatan penilaian, simpulan nilai, dan penyusunan laporan penilaian. Laporan penilaian ini merupakan media bagi penilai untuk memaparkan hasil dari pelaksanaan penilaian yaitu untuk menentukan nilai wajar, nilai pasar, nilai likuidasi atau nilai lainnya suatu barang yang menjadi objek penilaian, hasil penilaian inilah yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar menetapkan nilai BMN/D yang akan dipindahtangankan, dan yang akan disewakan sebagai bagian dari optimalisasi BMN/D dan menjadi penerimaan negara/daerah,

 

Dari berbagai tahapan kegiatan penilaian, salah satu tahapan yang paling krusial adalah kegiatan survei lapangan. Survei lapangan dilakukan dengan tujuan untuk meneliti kondisi fisik dan lingkungan atas obyek penilaian, yang dalam hal ini adalah BMN/D serta melakukan penelitiaan atas data pembanding yang mempunyai kesesuaian dan kemiripan dengan obyek penilaian.

 

Hal yangi menjadi tantangan tersendiri oleh Penilai dari KPKNL Singaraja dalam kegiatan pelayanan Penilaian BMN/D, terutama kegiatan yang mengharuskan survei lapangan dengan kewajiban menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah, mengingat saat ini  pandemi yang disebabkan oleh Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) masih belum berakhir.    .

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Udayana No. 10, Gedung Keuangan Negara, Singaraja
(0362) 32811, 32812
(0362) 32814
kpknlsingaraja@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini