Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sidoarjo > Berita
Sosialisasi Lelang Produk UMKM : KPKNL Sidoarjo Berkomitmen Dukung Usaha Pelaku UMKM
Nowo Agus Riswantoro
Senin, 23 Oktober 2023   |   50 kali

Jumat (20/10), bertempat di Gedung Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Daerah Kabupaten Mojokerto, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo menyelenggarakan  Sosialisasi Lelang Produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) kepada para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Mojokerto, khususnya yang berada di bawah binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mojokerto. Pada acara sosialisasi ini, para pelaku UMKM juga diedukasi dalam proses pendaftaran akun maupun cara mengajukan permohonan lelang secara online melalui Portal Lelang Indonesia atau lelang.go.id.

 

Dalam sambutannya , Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mojokerto, Abdulloh Muhtar menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPKNL Sidoarjo yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi lelang ini kepada para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Mojokerto. Muhtar mengungkapkan bahwa pihaknya selalu berupaya mendorong para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Mojokerto untuk dapat memasarkan produknya secara lebih luas. Sejalan dengan apa yang telah diupayakan, dengan mengikuti kegiatan sosialisasi lelang ini, Muhtar berharap para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Mojokerto dapat menambah wawasan, mengetahui dan memahami, yang selanjutnya dapat mengikuti mekanisme penjualan produknya melalui lelang yang diselenggarakan oleh KPKNL Sidoarjo.

 

Kepala KPKNL Sidoarjo, Agus Sugiarto  turut memberikan sambutan berikutnya yang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mojokerto yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan sosialisasi lelang ini.  Selanjutnya disampaikan bahwa untuk mendukung kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional dan sesuai dengan visi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yaitu menjadi Pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan, serta untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, DJKN melalui layanan lelangnya telah membuat terobosan baru berupa program Lelang Produk UMKM. Lelang Produk UMKM sendiri merupakan suatu program yang diselenggarakan DJKN dengan cara mendorong penjualan produk-produk UMKM melalui lelang. Salah satu tujuan Lelang Produk UMKM yaitu memberikan peluang pasar baru pada UMKM di Indonesia, di mana mekanisme lelang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam memasarkan produk dengan keuntungan yang tinggi dan berbagai kemudahan yang didapatkan di dalamnya. "Melalui program Lelang Produk UMKM, kami berkomitmen untuk mendukung usaha para pelaku UMKM, khususnya dalam menjual dan memasarkan produknya untuk "naik kelas" atau semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas," tutur Agus.

 

Selanjutnya memasuki acara inti sosialisasi, Hidayat Hasanuddin selaku Pelelang Ahli Madya KPKNL Sidoarjo menyampaikannya dalam dua sesi, pertama menyampaikan materi tentang lelang noneksekusi sukarela produk UMKM. Pada sesi kedua,  bimbingan teknis proses pendaftaran akun serta cara pengajuan permohonan lelang secara online melalui Portal Lelang Indonesia atau lelang.go.id. Pada sesi pertama, Hidayat memaparkan kepada para peserta sosialisasi mengenai apa itu lelang, ada berapa jenis lelang, dan apa yang dimaksud dengan lelang noneksekusi sukarela produk UMKM. Selain itu,  juga dijelaskan secara singkat bagaimana proses bisnis lelang yang diselenggarakan oleh DJKN atau KPKNL, termasuk apa saja keuntungan yang didapatkan jika para pelaku UMKM menjual atau memasarkan produknya melalui lelang.

 

Pada  sesi kedua, bimbingan teknis, Hidayat dengan dibantu oleh beberapa orang panitia sosialisasi memandu langsung para peserta untuk membuat dan mendaftar akun lelang.go.id secara online melalui gadget-nya masing-masing. Setelah akun lelang.go.id-nya siap digunakan, para peserta kemudian dipandu dan diberikan contoh untuk mengajukan permohonan lelang produk UMKM-nya masing-masing. Tidak hanya berjalan satu arah, dalam sosialisasi ini para peserta juga turut aktif bertanya, dan semua pertanyaan yang dilontarkan peserta telah dijawab secara jelas oleh Hidayat. Setelah berjalan kurang lebih dari tiga jam, acara sosialisasi kemudian diakhiri dan ditutup dengan sesi foto bersama.

 

(Seksi HI, KPKNL Sidoarjo)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Erlangga Nomor 161 Sidoarjo, Jawa Timur - 61214
(031) 8057109
(031) 8057101
kpknlsidoarjo@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini