Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang Sidempuan > Berita
Sinergi Kemenkeu One dan Rumah BUMN Mendukung Digitalisasi UMKM untuk Pemasaran Nasional
Wan Muhammad Taffy Javier
Senin, 18 September 2023   |   32 kali

Kamis (14/9) bertempat di Aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Padangsidimpuan telah dilaksanakan sosialisasi tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan dinergi yang telah tercipta dengan sektor pemerintah, khusunya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam acara bertema “Sinergi Kemenkeu One dan Rumah BUMN Mendukung Digitalisasi UMKM untuk Pemasaran Nasional”.

                Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Kepala KPKNL Padangsidimpuan, Kepala KPPN Padangsidimpuan, Rumah UMKM Tabagsel, perwakilan Rumah BUMN Tabagsel, serta pelaku-pelaku UMKM yang ada di Tabagsel. Rumah BUMN merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri.

                Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala KPKNL padangsidimpuan, Raden Hariyadi Murti Kurniawan yang memperkenalkan tentang Lelang Sukarela UMKM yang dalam pelaksanaannya diperuntukkan khusus kepada UMKM lokal agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas karena lelang yang diadakan melalui Lelang Indonesia yang dapat diaskes oleh seluruh Masyarakat di Indonesia.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ieng selaku Kepala KPPN Padangsidimpuan, yang selanjutnya menjelaskan mengenai Digipay Satu. Digipay Satu sendiri adalah salah satu program DJPB dalam membantu memajukan perekonomian dan juga UMKM. Program ini pada dasarnya merupakan aplikasi market place pemerintah yang digunakan oleh satuan kerja untuk melakukan belanja online dengan metode pembayaran menggunakan CMS atau menggunakan Kartu Kredit Pemerintah. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Perwakilan Rumah BUMN.

Peserta pelaku UMKM yang hadir dari Poken Rumah UMKM Kabupaten Tapanuli Selatan dan Rumah BUMN Kota Padangsidimpuan. Dalam kesempatan yang sama, peserta yang merupakan pelaku UMKM yang berdomisili di wilayah Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan telah mendaftarkan akun Pada website lelang.go.id dan akun pada website Digipay Satu sebanyak 25 akun. Dalam hal ini menunjukkan antusiasme pelaku UMKM dalam penggunaan teknologi yang merupakan sarana peningkatan UMKM yang difasilitasi pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan.

Rumah BUMN dan Poken Rumah UMKM disini menjelasakan kepada para pelaku-pelaku UMKM untuk tidak segan menghubungi apabila mengalami kendala dalam pengurusan ataupun dalam proses pengembangan usahanya. Beberapa hal yang dapat dibantu antara lain mengenai perizinan, sertifikasi halal, mengenai desain packaging dan lainnnya.

Acara diakhiri dengan pembinaan kepada para pelaku UMKM untuk membuat akun Lelang Indonesia dan juga Digipay Satu, dan petugas dari KPKNL Padangsidimpuan dan KPPN Padangsidimpuan menjelaskan kepada peserta tentang fitur-fitur pada website dimaksud.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Kenanga No. 99, Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara, 22725
(0634) 21897
(0634) 23478
kpknlsidimpuan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini