Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
Pandai Berkomunikasi dengan Teknik Public Speaking
N/a
Rabu, 24 Februari 2016   |   1373 kali

Serang - Pada Jum’at, 12 Februari 2016, KPKNL Serang mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema public speaking.  Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Warlan tampil sebagai narasumber FGD. Sebagai narasumber, Warlan menyampaikan materi yang disarikan dari Diklat Teknis Umum (DTU) Public Speaking for Leaders yang baru saja diikutinya di Magelang. Dengan penyelenggaraan FGD ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi para pegawai di lingkungan KPKNL Serang.


Warlan menguraikan teknik-teknik untuk dapat melakukan public speaking dengan baik. Warlan menjelaskan bahwa kesan yang baik dari audiens akan muncul ketika speaker dapat tampil luar biasa dengan menguasai materi, lancar dalam berkomunikasi, dapat mengontrol situasi serta tidak demam panggung. Teknik bercerita (story telling), analogi, atau permainan (games) dapat digunakan speaker untuk menarik perhatian dan mengurangi kebosanan audiens. Selain itu penampilan speaker juga penting. Selain dari cara berpakaian, penampilan dipengaruhi oleh gestur, postur, ekspresi wajah, dan kontak mata seorang speaker kepada audiens.


Sesi akhir FGD diisi dengan tanya jawab dan praktik dari materi yang telah disampaikan oleh Warlan. Para peserta FGD tampak antusias dalam memberikan pertanyaan, salah satunya Sumarlin yang menanyakan tentang cara mengatasi demam panggung saat pertama kali tampil menjadi pembicara. Selanjutnya salah seorang peserta, Fikri Hudori ditunjuk untuk melakukan praktik public speaking  dan dievaluasi oleh peserta lainnya. (Teks/Foto: Amanuyoso)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Raya Serang - Cilegon Km. 3, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang Kode Pos 42162
(0254) 216361, 201999
(0254) 216331
kpknlserang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini