Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Semarang > Berita
Percepat Sertipikasi BMN Berupa Tanah, KPKNL Semarang Sinergi Bersama Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan
Dwito Joko Priyono
Rabu, 02 Agustus 2023   |   65 kali

Kabupaten Grobogan, 31 Juli 2023 - Bertempat di Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan (Kementerian Agraria dan Tata Ruang-Badan Pertanahan Nasional), Tim Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang yang dipimpin Kepala KPKNL Semarang, Moh. Arif Rochman, didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Sigit Among Wibowo melakukan rapat koordinasi dengan agenda pembahasan utama berupa percepatan sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) berupa Tanah tahun 2023. Tim yang ditemui langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan, Siti Aisyah beserta Kepala Seksi Survei, Pengukuran, dan Pemetaan, Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah membahas bersama program percepatan sertipikasi tanah yang menjadi target di wilayah Kabupaten Grobogan.

 

Pada rapat koordinasi tersebut, Kepala KPKNL Semarang Moh. Arif Rochman menyampaikan bahwa pada Tahun 2023 ini BMN berupa tanah yang menjadi target di wilayah kerja Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan ada pada Satuan Kerja Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sebanyak 224 bidang, dan Satuan Kerja Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana dengan target awal sebanyak 4 bidang tanah menjadi 37 bidang tanah. “Saat ini progres capaian sertipikasi yang berada di wilayah Kabupaten Grobogan sudah on the track, khususnya pada Satuan Kerja Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan BBSW Pemali Juana. Kami ucapkan terima kasih atas sinergi yang sudah terjalin baik dengan Kantah Kabupaten Grobogan, sehingga diharapkan seluruh target sertipikasi segera selesai dengan cepat”, ungkap Arif.

 

Senada dengan hal tersebut, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan menyampaikan komitmen untuk mendukung program percepatan sertipikasi yang berada di wilayah kerjanya. “Kami berkomitmen untuk segera menuntaskan seluruh target sertipikasi di tahun 2023 ini. Diharapkan  sinergi berkelanjutan terus berjalan sehingga seluruh permasalahan yang muncul bisa segera diselesaikan dengan tepat dan cepat”, tegas Siti Aisyah. “Mitigasi tentu perlu dilakukan lebih awal sehingga langkah-langkah kongkrit dalam pemecahan masalah di lapangan maupun teknis bisa segera teratasi demi tuntasnya program sertipikasi ini”, tambah Siti Aisyah.

 

Dalam kesempatan yang sama, KPKNL Semarang melakukan koordinasi dalam rangka pengelolaan BMN yang diajukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan atas usulan persetujuan penghapusan BMN berupa bangunan serta usulan persetujuan penjualan BMN berupa kendaraan. KPKNL Semarang selanjutnya melakukan cek fisik atas usulan persetujuan penghapusan dan penjualan BMN tersebut yang ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Persetujuan. “Kami mengapresiasi tindak lanjut yang sangat responsive dari KPKNL Semarang atas seluruh usulan pengelolaan BMN pada Kantor Pertanahan Grobogan. Kami harapkan sinergi serupa bisa berlanjut sehingga kami dapat mengaplikasikan pengelolaan BMN yang optimal”, ungkap Siti Aisyah.

 

(Narasi : Seksi HI, Foto : Agung Purnama)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini