Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Semarang > Artikel
Menerapkan Frugal Living
Kamsidah
Rabu, 26 Juli 2023   |   957 kali

Belakangan ini marak sekali berita tentang menerapkan gaya hidup yang hemat sampai bisa membeli rumah, mobil, dan menabung hinggan puluhan bahkan ratusan juta. Menarik bukan? Apakah kamu sudah mengenal istilah frugal living?  Sebelum menerapkan frugal living tentunya kita harus paham dan mengetahui tujuan dari hal tersebut.

Pengertian Frugal Living

Frugal Living berasal dari kata “Frugal” yang artinya hemat dan “Living” yang artinya kehidupan. Jadi bisa diartikan bahwa frugal living adalah gaya hidup yang mempertimbangkan semua pengeluaran dan pemanfaatan uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Frugal living ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran bukan memangkas pengeluaran secara signifikan. Namun, gaya hidup frugal living ini sering dikatakan sama dengan pelit oleh kebanyakan orang, padahal pelit dan frugal living ini adalah dua hal yang berbeda.

Gaya hidup frugal living ini cocok sekali diterapkan oleh anak muda zaman sekarang seperti generasi Z. Di mana kehidupan anak muda zaman sekarang terbiasa dengan gaya hidup yang konsumtif, seperti berbelanja fashion yang mana trend fashion zaman sekarang cepat sekali berkembangnya. Sehingga, tanpa disadari hal ini membuat pengeluaran anak muda zaman sekarang semakin boros.

Manfaat menerapkan Frugal Living

·       Hidup Jadi Lebih Hemat

Hidup akan jadi lebih hemat harena uang yang dibelanjakan hanya untuk membeli barang yang dibutuhkan. Walau harga yang dibeli tergolong mahal, tetapi kualitas barang yang dibeli jauh lebih bagus sehingga jangka waktu penggunaannya jauh lebih lama dibandingkan dengan membeli barang dengan harga murah tapi kualitasnya lebih rendah sehingga waktu penggunaannya lebih singkat dan cepat rusak.

·      Uang yang ditabung/diinvestasikan jadi lebih banyak

Salah satu manfaat dari frugal living ini adalah kamu bisa memiliki tabungan/investasi yang lebih banyak karena pengeluaran untuk kebutuhan jadi lebih sedikit.

·      Bagus untuk lingkungan sekitar

Menerapkan gaya hidup ini bagus untuk lingkungan sekitar karena semakin sedikit barang yang dibeli, maka barang yang tidak terpakai juga tidak banyak. Tentu saja hal ini bagus karena barang-barang yang tidak terpakai jadi tidak berakhir di tempat pembuangan.

Penerapan Frugal Living

·    Membuat rancangan keuangan yang jelas dan disiplin terhadap rencana tersebut. Dengan mengidentifikasi atau membedakan pengeluaran yang penting dan pengeluaran yang tidak  penting bagi kehidupan sehari-hari.

·    Mulai menabung sesuai proporsi yang cocok dengan kondisi keuangan. Atau bisa menerapakan dengan pembagian 40:30:20:10. 40% dialokasikan untuk kebutuhan pokok, 30%   untuk membayar cicilan, 20% untuk kebutuhan investasi, 10% untuk alokasi sosial/berbagi.

·      Mencari harga terbaik dengan cara membandingkan harga sebelum membeli barang.

·   Jangan merasa malu menerapkan gaya hidup frugal livingi untuk menghemat uang dan jangan merasa takut untuk mengatakan tidak pada tawaran yang memang tidak ada manfaatnya untuk dirimu. Misalnya kamu sedang menabung untuk membeli rumah, dan kamu merasa biaya nongkrong bisa menggangu proses menabungmu maka jangan ragu untuk menolak ajakan teman untuk nongkrong. (Penulis: Kamsidah dan Fatma Hasna Inayah)



Sumber:

https://www.fwd.co.id/fwdmax/passiontory-financial-literacy/frugal-living-pengertian-dan-cara-penerapannya 

https://qmfinancial.com/2023/01/frugal-living

https www cnbcindonesia.com mymoney strategi hidup frugal di tengah arus gaya hidup sosialita


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini