Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Purwokerto > Berita
KPKNL Purwokerto Lakukan Pemeriksaan Lapangan Debitur LPDB KUKM
Supriadi
Senin, 13 Maret 2023   |   110 kali

Wonosobo – Jumat (10/03), Tim Pemeriksa Piutang Negara KPKNL Purwokerto yang diketuai Gilang Aswardhana, dan beranggotakan Miskijo dan Suzan Farida melaksanakan kegiatan pemeriksaan lapangan terhadap debitur penyerahan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Kementerian Koperasi dan UKM (LPDB KUKM). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan sasaran lokasi di Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Kali ini, Debitur adalah koperasi yang menerima bantuan pinjaman dari LPDB KUKM pada kurun waktu tahun 2011 sampai dengan 2015 dan mengalami kegagalan usaha, dikarenakan manajemen kepengurusan yang tidak baik, sehingga menjadi piutang macet. Hal ini sebagaimana yang diinformasikan oleh pegawai LPDB KUKM dalam pendampingan kegiatan dimaksud.

Pemeriksaan Lapangan dilakukan dengan mendatangi dan bertemu langsung dengan Penanggung Hutang (PH)/Penanggung Jawab Hutang (PJH) yang merupakan pengurus koperasi tersebut. Hal ini dilakukan guna memastikan kemauan dan kemampuan dalam penyelesaian hutang. Tim juga melakukan koordinasi dengan aparat Desa/Kelurahan setempat guna mencari informasi terkait kondisi keuangan maupun aktifitas dari PH maupun PJH.

Terhadap PH/PJH yang tidak diketemukan keberadaannya, Tim juga melakukan koordinasi dengan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil guna memperoleh informasi terkait dengan data administrasi kependudukan (domisili/alamat) dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama setempat dengan maksud untuk memperoleh informasi kegiatan ekonomi dari PH/PJH.

Dalam pelaksanaan kegiatan, diperoleh hasil satu PH/PJH menyatakan akan segera menyelesaikan kewajibannya dengan mengajukan keringanan hutang  melalui crash program dengan janji pelunasan dilakukan pada bulan April tahun 2023. (Foto/teks : Supriadi)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Pahlawan No. 876 Purwokerto - 53141
(0281) 630454
(0281) 630451
kpknlpurwokerto@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini