Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekanbaru > Berita
KPKNL Pekanbaru Mengudara Bersama RRI Pekanbaru, Berdayakan Pelaku UMKM Provinsi Riau
Zulfa Asria Nafiati
Kamis, 13 Juli 2023   |   70 kali

Pekanbaru (11/07), KPKNL Pekanbaru mengudara bersama Radio Republik Indonesia (RRI) Pekanbaru dengan menggandeng pelaku UMKM. Bersama Pelelang Ahli Pertama, Kepala KPKNL Pekanbaru sosialisasikan Kedai Lelang UMKM melalui program RRI Pro 1 bertajuk Pekanbaru Pagi Ini. Turut hadir pula pelaku UMKM binaan KPKNL Pekanbaru untuk memberikan testimoni serta berbagi pengalaman mengikuti Kedai Lelang UMKM.

Mengawali dialog dengan pengenalan tugas dan fungsi kantor, Kepala KPKNL Pekanbaru, Maulina Fahmilita menjelaskan bahwa Kedai Lelang UMKM merupakan bagian dari Lelang Non Eksekusi Sukarela yang pada tahun 2023 ini pelaksanaannya sudah memasuki tahun ketiga. Membuktikan komitmen berkelanjutan dalam pemberdayaan UMKM, pada tahun 2023 KPKNL Pekanbaru hadir dengan program yang lebih terstruktur bertajuk SEMARAK MELAJU. Strategi menaikkelaskan produk UMKM melalui lelang dimulai dengan program peningkatan kapasitas pelaku UMKM (SELANCAR), pelaksanaan lelang secara rutin (LAJU), penyediaan display produk UMKM di area pelayanan terpadu (PESONA), serta berbagai kegiatan pemberdayaan lainnya.

Selajutnya, Pelelang Ahli Pertama, Hendro Dwi Yanto menyampaikan kemudahan prosedur mengikuti lelang di KPKNL Pekanbaru, yaitu dengan pengisian permohonan lelang secara online dengan memasukkan informasi berupa identitas diri pelaku UMKM, NPWP, dan produk UMKM. Sampai dengan semester kedua tahun 2023 ini, sudah lebih dari 50 entitas yang terverifikasi dan mengikuti program Lelang Jumat (LAJU) dan hampir 400 produk telah dipasarkan melalui lelang.

Manfaat bagi pelaku UMKM dirasakan secara nyata oleh salah satu pelaku UMKM binaan KPKNL Pekanbaru, Ibu Ina menceritakan bahwa produknya dapat dipasarkan dan dipromosikan melalui situs resmi lelang.go.id yang dapat menjangkau pasar secara luas, bahkan secara nasional. Pelibatan pelaku UMKM dalam kegiatan bazar UMKM dan lelang jumat yang sudah rutin dilaksanakan dapat mengoptimalkan penjualan.

Selain mengajak pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui lelang, Pelelang juga menyampaikan kemudahan bagi pembeli untuk mengakses lelang.go.id. Cukup dengan tiga langkah mudah, daftarkan akun, klik lelang UMKM, dan masukkan harga penawaran terbaik. Karena proses lelang dilaksanakan secara tertutup, maka penawaran terbaik dapat dilakukan dengan memasukkan harga setinggi-tingginya. Selain itu, berbelanja produk UMKM merupakan wujud dukungan kita terhadap kecintaan produk dalam negeri dan kampanye atas program Bangga Buatan Indonesia.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jenderal Sudirman Nomor 24, Simpang Tiga, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru
(0761) 23845
-
kpknlpekanbaru@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini