Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Parepare > Artikel
Mengenal Kaki-kaki Mobil
Ashar Hamka
Kamis, 28 Desember 2023   |   2065 kali

MENGENAL KAKI KAKI MOBIL

Penulis: Reza Ardiansyah, Penilai Pemerintah Ahli Pertama KPKNL Parepare

Sebuah mobil terbentuk dari banyak komponen, secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian seperti mesin, interior (yang meliputi dashboard/plafon/doortrim/jok/lantai), eksterior (yang meliputi bodi luar/cat/bumper) dan kaki-kaki mobil. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kaki-kaki mobil. Kaki-kaki mobil merupakan salah satu bagian yang memegang peran penting pada sebuah mobil karena berkaitan dengan pengendalian dan kenyamanan mobil. Kaki-kaki adalah istilah yang merujuk pada serangkaian komponen-komponen penopan kendaraan yang terdiri dari roda, shockbreaker, racksteer, link stabilizer, balljoint, bushing, swing arm, bearing/laher roda, dan tie rod.

Komponen kaki-kaki yang mengalami kerusakan akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara, bahkan dapat membahayakan keselamatan. Dengan demikian pengecekan kaki-kaki sangat penting dilakukan. Mari mengenal komponen kaki-kaki berikut cara mengecek kondisinya.

1.       Support Shockbreaker.

 

 

 

Pengecekan komponen kaki-kaki mobil bisa dimulai dari area kap mesin untuk memeriksa support shockbreaker. Support shockbreaker adalah komponen karet yang berfungsi sebagai bantalan bagi shockbreaker di bodi kendaraan. Bentuknya semacam karet bundar dan memiliki bearing alias laher di dalamnya. Pengecekan kondisi bisa dimulai dengan memerhatikan visualnya. Jika karet support shockbreaker terlihat getas sampai retak-retak artinya perlu diganti. Cara lain, putarlah setir ke kanan dan ke kiri. Support shockbreaker yang sudah rusak akan mengeluarkan bunyi ‘nguuuk’. Suara tersebut disebabkan kondisi laher di dalamnya sudah aus. 

 

2.       Suspensi/Shockbreaker


Selanjutnya pengecekan bisa dilanjutkan ke suspensi. Suspensi adalah komponen yang berfungsi untuk meredam getaran atau guncangan. Melakukan pengecekan suspensi sangat mudah karena letaknya yang berada di samping roda. Caranya dengan memperhatikan apakah terdapat rembesan atau kebocoran oli. Suspensi yang bermasalah akan memberikan rasa yang tidak nyaman atau bantingan yang keras sehingga mudah diketahui jika mengalami kerusakan.

3.       Bearing/Laher Roda



Bearing atau laher roda adalah komponen berbahan logam yang berfungsi sebagai bantalan perputaran roda. Keberadaannya yang tertutup membuatnya agak sulit dilakukan pengecekan secara visual. Namun ada beberapa cara untuk mengetahui kerusakan bearing/laher roda. Pengecekan dapat dilakukan ketika roda berputar, jika perputaran terasa kasar atau bahkan menimbulkan bunyi kasar hal itu indikasi terdapat kerusakan pada bearing/laher roda. Anda juga dapat mengecek dengan mendorong roda vertikal jika terdapat oblak hal itu juga mengindikasikan bearing/laher sudah rusak/aus.

4.       Rack Steer

 

 

Rack steer adalah salah satu komponen penting dalam sebuah mobil, karena menjadi penghubung antara setir atau lingkar kemudi dengan kaki-kaki mobil. Rack steer yang mengalami kerusakan memiliki beberapa ciri-ciri seperti adanya bunyi melengking atau berdengung, terasa getaran tidak wajar atau juga terasa oblak pada setir, setir terasa berat saat dibelokkan dan/atau adanya rembes minyak pada seal-seal racksteer.

5.       Ball Joint

 

Ball joint adalah komponen pada mobil yang perannya sangat penting untuk menciptakan kenyamanan dalam sistem kemudi. Letaknya ada di antara steering knuckle dan juga arm. Baik itu di lower arm maupun upper arm. Ciri-ciri balljoint yang rusak diantaranya:

a.    Roda bagian depan terasa kocak saat berjalan.

b.    Muncul suara berdecit pada saat Anda sedang berbelok pada bagian ban.

c.    Suara seperti bergemuruh juga akan terdekat saat Anda melewati jalanan yang tidak rata.

d.    Ban mobil akan terjadi aus tidak merata di salah satu sisi, di bagian luar atau dalam ban.

e.    Anda akan sulit mengendalikan kendaraan ketika jalanan lurus maupun berbelok.

f.     Karet yang menutup debu atau boot akan cepat atau bahkan sudah robek.

g.    Ban juga akan terasa aus secara bergelombang.

6.       Link Stabilizer


Link stabilizer adalah suatu komponen yang dirancang untuk menjaga keseimbangan mobil saat melaju, menstabilkan posisi mobil, mengurangi kemiringan, memperkuat daya cengkeram ban mobil dan meminimalisir guncangan. Adapun ciri-ciri link stabilizer mengalami kerusakan diantaranya mobil terasa limbung, terdengar suara kasar bergemuruh dibagian bawah mobil dan terasa tidak stabil saat melaju. Link stabilizer yang rusak dapat dicek secara visual dengan mengamati:

a.    Karet yang ada di komponen stabilizer mobil sudah keras atau terlihat sudah getas atau pecah.

b.    Tangkai pada link stabilizer mengalami karat ataupun bengkok.

c.    Terlihat jarak antara shockbreaker dengan stabilizer atau renggang.

7.       Lower Arm



Lower arm kerap disebut pula dengan nama lengan ayun bawah, apar-apar bawah, atau control arm yang berperan menghubungkan sasis ke roda. Lower arm pada dasarnya merupakan komponen berbahan metal yang cukup kuat. Namun, lower arm memiliki dua buah karet bushing di depan dan belakangnya. Karet-karet inilah yang kerap mengalami penurun kondisi seiring usia pemakaian. Untuk mengetahui kondisinya bisa dilakukan pengecekan visual. Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa menggoyang-goyangkan sambungan bushing tersebut dengan bantuan besi pengungkit. Jika karet-karet bushing tersebut sudah rusak maka sebaiknya segera lakukan penggantian. Karet bushing untuk beberapa mobil hanya dijual satu paket dengan lower arm-nya. Hal ini akan membuat biaya penggantian lebih mahal. Pengecekan lower arm akan lebih mudah jika mobil berada di atas car lift.

 

Referensi:

https://www.carmudi.co.id/journal/komponen-kaki-kaki-mobil-dan-cara-cek-kondisinya/

 support shockbreaker : https://otomotifnet.gridoto.com/read/232757419/hati-hati-bahaya-ini-bisa-terjadi-bila-karet-support-shockbreaker-aus

 suspensi: https://www.suzuki.co.id/tips-trik/sistem-suspensi-mobil-fungsi-jenis-dan-cara-kerjanya?pages=all

bearing: https://www.gridoto.com/read/222176709/inilah-3-cara-mendeteksi-sendiri-kerusakan-bearing-pada-roda-mobil

https://www.gridoto.com/read/221007418/fungsi-bearing-roda-pada-roda-mobil-

racaksteer: https://www.astra-daihatsu.id/berita-dan-tips/ciri-rack-steer-rusak-dan-cara-mencegahnya

https://www.indsukma.com/2023/02/cara-mengetahui-rack-steer-rusak.html

https://wuling.id/id/blog/autotips/apa-itu-rack-steer-dan-mengetahui-tanda-kerusakannya#:~:text=Rack steer adalah salah satu,power steering akan sangat terhambat.

Balljoint: https://otomotifmobil.com/cara-membongkar-ball-joint-dari-knuckle-roda/

https://www.gridoto.com/read/222066079/bunyi-dari-kolong-mobil-coba-cek-dulu-ball-joint-dan-tie-rod

https://www.suzuki.co.id/tips-trik/fungsi-ball-joint-suspensi-dan-gejala-kerusakannya?pages=all

link stabilizer: https://hondaoutsidejava.co.id/info-terkini/ciri-dan-cara-melihat-link-stabilizer-mobil-yang-rusak

https://moservice.id/news/fungsi-stabilizer-link-pada-mobil

lower arm: https://beritabelita.blogspot.com/2019/06/fungsi-lower-arm-pada-suspensi-mobil.html

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-lower-arm#:~:text=Lower arm kerap disebut pula,Modelnya pun turut bervariasi.

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini