MENGENAL KAKI KAKI MOBIL
Penulis: Reza Ardiansyah, Penilai Pemerintah Ahli Pertama KPKNL Parepare
Sebuah mobil terbentuk dari banyak komponen,
secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian seperti mesin,
interior (yang meliputi dashboard/plafon/doortrim/jok/lantai),
eksterior (yang meliputi bodi luar/cat/bumper) dan kaki-kaki mobil. Pada
kesempatan kali ini kita akan membahas kaki-kaki mobil. Kaki-kaki mobil
merupakan salah satu bagian yang memegang peran penting pada sebuah mobil
karena berkaitan dengan pengendalian dan kenyamanan mobil. Kaki-kaki adalah
istilah yang merujuk pada serangkaian komponen-komponen penopan kendaraan yang
terdiri dari roda, shockbreaker, racksteer, link stabilizer,
balljoint, bushing, swing arm, bearing/laher roda, dan
tie rod.
Komponen kaki-kaki yang mengalami kerusakan
akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara, bahkan dapat membahayakan
keselamatan. Dengan demikian pengecekan kaki-kaki sangat penting dilakukan. Mari
mengenal komponen kaki-kaki berikut cara mengecek kondisinya.
1.
Support Shockbreaker.
Pengecekan komponen kaki-kaki mobil bisa dimulai dari area kap
mesin untuk memeriksa support
shockbreaker. Support shockbreaker adalah komponen karet yang berfungsi sebagai bantalan bagi shockbreaker
di bodi kendaraan. Bentuknya semacam karet bundar dan memiliki
bearing alias laher di dalamnya. Pengecekan kondisi bisa dimulai dengan memerhatikan visualnya.
Jika karet support shockbreaker terlihat getas sampai retak-retak artinya perlu diganti. Cara
lain, putarlah setir ke kanan dan ke kiri. Support
shockbreaker yang sudah rusak akan mengeluarkan bunyi ‘nguuuk’. Suara tersebut disebabkan kondisi laher di dalamnya sudah
aus.
2.
Suspensi/Shockbreaker
Selanjutnya pengecekan bisa dilanjutkan ke suspensi. Suspensi adalah
komponen yang berfungsi untuk meredam getaran atau guncangan. Melakukan
pengecekan suspensi sangat mudah karena letaknya yang berada di samping roda. Caranya dengan memperhatikan apakah terdapat rembesan atau kebocoran oli.
Suspensi yang
bermasalah akan memberikan rasa yang tidak nyaman atau bantingan yang keras
sehingga mudah diketahui jika mengalami kerusakan.
3. Bearing/Laher Roda
Bearing atau laher roda adalah
komponen berbahan logam yang berfungsi sebagai bantalan perputaran roda.
Keberadaannya yang tertutup membuatnya agak sulit dilakukan pengecekan secara
visual. Namun ada beberapa cara untuk mengetahui kerusakan bearing/laher roda. Pengecekan
dapat dilakukan ketika roda berputar, jika perputaran terasa kasar atau bahkan
menimbulkan bunyi kasar hal itu indikasi terdapat kerusakan pada bearing/laher
roda. Anda juga dapat mengecek dengan mendorong roda vertikal jika terdapat
oblak hal itu juga mengindikasikan bearing/laher sudah rusak/aus.
4.
Rack Steer
Rack
steer adalah salah satu
komponen penting dalam sebuah mobil, karena menjadi penghubung antara setir
atau lingkar kemudi dengan kaki-kaki mobil. Rack
steer yang mengalami kerusakan memiliki beberapa ciri-ciri seperti adanya
bunyi melengking atau berdengung, terasa getaran tidak wajar atau juga terasa
oblak pada setir, setir terasa berat saat dibelokkan dan/atau adanya rembes
minyak pada seal-seal racksteer.
5.
Ball Joint
Ball
joint adalah komponen pada
mobil yang perannya sangat penting untuk menciptakan kenyamanan dalam sistem
kemudi. Letaknya ada di antara steering
knuckle dan juga arm. Baik itu di
lower arm maupun upper arm. Ciri-ciri balljoint yang rusak diantaranya:
a.
Roda bagian depan
terasa kocak saat berjalan.
b.
Muncul suara berdecit
pada saat Anda sedang berbelok pada bagian ban.
c.
Suara seperti
bergemuruh juga akan terdekat saat Anda melewati jalanan yang tidak rata.
d.
Ban mobil akan terjadi
aus tidak merata di salah satu sisi, di bagian luar atau dalam ban.
e.
Anda akan sulit mengendalikan
kendaraan ketika jalanan lurus maupun berbelok.
f.
Karet yang menutup
debu atau boot akan cepat atau bahkan sudah robek.
g.
Ban juga akan terasa
aus secara bergelombang.
6. Link
Stabilizer
Link
stabilizer adalah suatu
komponen yang dirancang untuk menjaga keseimbangan mobil saat melaju,
menstabilkan posisi mobil, mengurangi kemiringan, memperkuat daya cengkeram ban
mobil dan meminimalisir guncangan. Adapun ciri-ciri link stabilizer mengalami kerusakan
diantaranya mobil terasa limbung, terdengar suara kasar bergemuruh dibagian
bawah mobil dan terasa tidak stabil saat melaju. Link stabilizer yang
rusak dapat dicek secara visual dengan mengamati:
a.
Karet yang ada di
komponen stabilizer mobil sudah keras
atau terlihat sudah getas atau pecah.
b.
Tangkai pada link stabilizer mengalami karat ataupun
bengkok.
c.
Terlihat jarak antara
shockbreaker dengan stabilizer atau renggang.
7. Lower Arm
Lower
arm kerap disebut pula
dengan nama lengan ayun bawah, apar-apar bawah, atau control arm yang berperan menghubungkan sasis ke roda. Lower arm pada dasarnya merupakan
komponen berbahan metal yang cukup kuat. Namun, lower arm memiliki dua buah karet bushing di depan dan belakangnya. Karet-karet inilah yang kerap
mengalami penurun kondisi seiring usia pemakaian. Untuk mengetahui kondisinya
bisa dilakukan pengecekan visual. Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa
menggoyang-goyangkan sambungan bushing
tersebut dengan bantuan besi pengungkit. Jika karet-karet bushing tersebut sudah rusak maka sebaiknya segera lakukan
penggantian. Karet bushing untuk
beberapa mobil hanya dijual satu paket dengan lower arm-nya. Hal ini akan membuat biaya penggantian lebih mahal.
Pengecekan lower arm akan lebih mudah
jika mobil berada di atas car lift.
Referensi:
https://www.carmudi.co.id/journal/komponen-kaki-kaki-mobil-dan-cara-cek-kondisinya/
support shockbreaker : https://otomotifnet.gridoto.com/read/232757419/hati-hati-bahaya-ini-bisa-terjadi-bila-karet-support-shockbreaker-aus
suspensi: https://www.suzuki.co.id/tips-trik/sistem-suspensi-mobil-fungsi-jenis-dan-cara-kerjanya?pages=all
https://www.gridoto.com/read/221007418/fungsi-bearing-roda-pada-roda-mobil-
racaksteer: https://www.astra-daihatsu.id/berita-dan-tips/ciri-rack-steer-rusak-dan-cara-mencegahnya
https://www.indsukma.com/2023/02/cara-mengetahui-rack-steer-rusak.html
Balljoint: https://otomotifmobil.com/cara-membongkar-ball-joint-dari-knuckle-roda/
https://www.gridoto.com/read/222066079/bunyi-dari-kolong-mobil-coba-cek-dulu-ball-joint-dan-tie-rod
https://www.suzuki.co.id/tips-trik/fungsi-ball-joint-suspensi-dan-gejala-kerusakannya?pages=all
link stabilizer: https://hondaoutsidejava.co.id/info-terkini/ciri-dan-cara-melihat-link-stabilizer-mobil-yang-rusak
https://moservice.id/news/fungsi-stabilizer-link-pada-mobil
lower arm: https://beritabelita.blogspot.com/2019/06/fungsi-lower-arm-pada-suspensi-mobil.html