Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkal Pinang > Berita
Forum Group Discussion sebagai Upaya Membangun Kesadaran Keamanan Informasi
Fina Indriana
Jum'at, 25 Maret 2022   |   1854 kali

Pangkalpinang- Rabu, 23 Maret 2022 Pegawai KPKNL Pangkalpinang mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan I Tahun 2022 yang disampaikan oleh Kepala KPKNL Pangkalpinang, Rahmat Effendi. FGD dilaksanakan di Aula Lantai 3 KPKNL Pangkalpinang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan FGD yang rutin dilaksanakan setiap triwulan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyelaraskan pemahaman/persepsi pegawai Kementerian Keuangan khususnya dalam hal ini KPKNL Pangkalpinang terhadap arahan dan/atau kebijakan yang disampaikan pimpinan serta untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-3/MK.1/2020 mengenai pelaksanaan FGD di Lingkungan Kementerian Keuangan.

 

Kegiatan FGD kali ini mengambil tema Membangun Kesadaran Keamanan Informasi. Pertama, dijelaskan kondisi keamanan informasi nasional dan global. Kedua, Pengelolaan keamanan informasi Kementerian Keuangan meliputi pilar pengelolaan keamanan informasi Kementerian Keuangan, Organisasi TIK Kementerian Keuangan, dan prinsip keamanan informasi yang terdiri dari confidentiality, integrity, dan availability. Ketiga, Penerapan keamanan informasi meliputi keamanan fisik/area kerja seperti menggunakan acces card/finger print, dilarang berbagi akses, jalan keluar masuk area kerja harus dijaga dan dipantau, dan sebagainya.

 

Adapun keamanan perangkat/komputer dapat dilakukan dengan join domain Kemenkeu, login dengan akun domain Kemenkeu, windows update terbaru, dan lainnya. Untuk pengelolaan password, penggunaan email Kemenkeu dan penggunaan wifi juga harus dipahami, serta beretika dalam berinternet harus juga diperhatikan seperti tidak menyebarkan rumor/hoax, bijak dalam berinternet sesuai dengan tugas dan fungsi. Keempat, Ancaman keamanan informasi meliputi ransomware, phising, dan social engineering.

 

Rahmat juga menyampaikan terkait penguatan integritas Kementerian Keuangan Tahun 2022 yang bertemakan “Kemenkeu Dinamis, Berintegritas, dan Kolaboratif”. Ada beberapa hal yang disampaikan pada kesempatan tersebut,  yaitu : latar belakang, infrastruktur penerapan dan penilaian integritas, capaian Kemenkeu dan tantangan yang dihadapi, serta rencana aksi penguatan integritas Tahun 2022.

 

Setelah pemaparan materi, dilakukan sesi tanya jawab terkait materi yang disampaikan oleh Rahmat. Diharapkan dengan adanya FGD, pegawai KPKNL Pangkalpinang semakin memahami pentingnya keamanan Informasi serta apa saja tanggung jawab pegawai dalam hal pengamanan informasi. (Seksi Hukum dan Informasi).

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Ahmad Yani Nomor 8 Kel. Batin Tikal, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang 33126
(0717) 435333
(0717) 438300
kpknl.pangkalpinang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini