Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkal Pinang > Berita
Ramadan Segera Datang, Persiapan Harus Matang
Shofa Nur Amila
Jum'at, 18 Maret 2022   |   142 kali

Pangkalpinang, 14 Maret 2022 - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Mental (Bintal) dalam rangka penguatan sumber daya manusia sekaligus mempersiapkan menjalani bulan Ramadan yang sebentar lagi akan tiba. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Subbagian Umum, Nasrul Amin, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Nadia Rizqi Cahyani dan sari tilawah oleh Sindy Fitrianingsih.

Kegiatan yang berlangsung di lantai 2 KPKNL Pangkalpinang diikuti oleh seluruh pegawai. Ust. Firdaus selaku penceramah pada kegiatan ini mengusung tema “Persiapan Menghadapi Ramadan” yang menyampaikan sejarah puasa, apa saja manfaat puasa menurut sains hingga keutamaan-keutamaan di Bulan Ramadan. Tidak kalah menarik ketika penceramah  menyampaikan materi inti dari kajian bintal kali ini, yakni persiapan menghadapi bulan Ramadan.

Persiapan hati, yang merupakan persiapan pertama dapat dilakukan dengan taubat, minta maaf, bayar hutang, do’a, dan niat. Selanjutnya persiapan yang kedua adalah persiapan ilmu. Persiapan ilmu ini dapat diperoleh dengan mengikuti kajian, membaca buku, mengikuti live streaming, ataupun tarhib Ramadan. Firdaus juga mengingatkan pentingnya ilmu sebelum beramal.

Persiapan ketiga, yakni persiapan fisik, meliputi bagaimana mengatur pola olahraga, pola istirahat, dan pola makan, sehingga tubuh akan siap menjalankan puasa Ramadan. Sedangkan persiapan yang terakhir adalah persiapan harta. Kita perlu membagi apa yang kita miliki untuk keperluan harian, zakat, infaq, dan shodaqoh, mengingat amalan di bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang berkali-kali lipat dibandingkan bulan yang lainnya.

Dengan adanya kegiatan bintal ini, diharapkan pegawai KPKNL Pangkalpinang akan mendapatkan siraman rohani yang bermanfaat dan semakin siap dalam menghadapi bulan Ramadan yang beberapa minggu lagi akan segera datang. (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Ahmad Yani Nomor 8 Kel. Batin Tikal, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang 33126
(0717) 435333
(0717) 438300
kpknl.pangkalpinang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini