Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Revaluasi BMN 2018 KPKNL Padang Siap Songsong Revaluasi BMN 2018
Ognissanti
Kamis, 08 Februari 2018   |   193 kali

Padang - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara pada 5-6 Februari 2018 di Aula KPKNL Padang. Kegiatan ini mengundang 200 satuan kerja dari 11 kota dan kabupaten dalam wilayah kerja KPKNL Padang, yang pelaksanaannya dibagi ke dalam empat sesi.

Sosialisasi dan bimbingan teknis ini diselenggarakan dalam rangka mendukung pelaksanaan Revaluasi BMN tahun 2018 dengan cara meningkatkan sinergi antara satuan kerja dan KPKNL.

Acara dibuka Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Yudiandra Satya Budhi. Dalam sambutannya, Yudiandra menyampaikan bahwa kegiatan revaluasi aset bukan hanya menjadi tanggung jawab KPKNL, tetapi juga kegiatan nasional yang melibatkan banyak pihak untuk mencapai kepentingan Negara, untuk pencatatan aset pada laporan keuangan pemerintah pusat yang lebih akuntabel.

“Kegiatan ini tidak akan berjalan tanpa adanya kerjasama dari bapak dan ibu sekalian. KPKNL tidak bisa bekerja sendiri. Mudah-mudahan instansi bapak dan ibu dapat ikut berkontribusi dalam perubahan kenaikan neraca yang signifikan. Kami juga tidak akan membiarkan bapak dan ibu, kami tetap akan mendampingi bapak dan ibu dalam prosesnya,”  ujar Yudiandra.

Yudiandra juga meminta para satuan kerja agar mengisi formulir revaluasi bangunan dengan data yang tepat dan lengkap. Hal ini dikarenakan metode desktop valuation yang digunakan oleh Tim Penilai KPKNL. 

“Artinya, kami tidak akan turun langsung ke lokasi obyek bangunan. Kami mutlak percaya dengan data yang bapak dan ibu sampaikan. Oleh karena itu, formulir yang lengkap, tepat, dan disertai foto yang akurat menjadi sangat penting.  Jika hanya luas bangunan saja yang dicantumkan, penilaian kami bisa jadi kurang valid. Misal, bangunan seperti Masjid Raya Sumatera Barat dengan bangunan gedung kantor biasa. Walau luas keduanya sama, nilainya tentu berbeda,” paparnya.

Usai pemberian pengarahan dan sambutan, acara dilanjutkan dengan tanya jawab satuan kerja yang masih mengalami kendala dalam persiapan revaluasi dengan KPKNL. Setelah itu, terkait komitmen KPKNL Padang dalam menjaga Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK-WBBM), Kepala Seksi Penilaian Arie Susanto memberikan penjelasannya.

“Perlu kami sampaikan, dalam pelaksanaan revaluasi, KPKNL Padang tidak memungut biaya di luar ketentuan resmi yang diatur oleh peraturan perundang-undangan. Mohon disampaikan apabila ada pungutan yang dilakukan oleh petugas kami dan menghambat pelayanan,” kata Arie.

Bimbingan teknis aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) digelar di akhir acara di bawah arahan pelaksana Seksi PKN Putra Gunawan. Diharapkan, seluruh rangkaian kegiatan ini dapat menunjang persiapan satuan kerja dalam menyambut kegiatan Revaluasi BMN tahun 2018. (Teks: Ognissanti Sinaga & Nurul Fadjrina/Foto: Vilda Yahya Pragita)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 79, Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, Kode Pos 25129
(0751) 28299
(0751) 21306
kpknlpadang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini