Jumat (9/12), KPKNL Metro
melaksanakan kegiatan webinar bedah buku dengan tema “Komunikasi Elegan
Wujudkan Pelayanan Prima”. Webinar yang dilaksanakan bertepatan dengan
peringatan Hakordia tahun 2022, merupakan
implementasi dari salah satu budaya yang dibangun pada KPKNL Metro yaitu
“Satu Tahun Satu Buku”, Dalam
setahun diagendakan minimal ada satu
buku yang dibedah bersama. Bedah Buku ini
juga menjadi salah satu upaya
untuk menumbuhkan budaya literasi khususnya bagi Para ASN di lingkungan
instansi pemerintah untuk dapat berpikir secara logis dan mampu untuk
memecahkan masalah dengan komunikasi yang efektif. Kegiatan Bedah buku
“Komunikasi Elegan Untuk Meraih Sukses” yang ditulis oleh Arief Risman menjadi
spesial karena pengarangnya langsung yang akan membedah dan mengupas tuntas isi
bukunya. Pemilihan tema dan judul buku yang dibedah diselaraskan dengan program zona integritas khususnya pada
area manajemen perubahan dan area Peningkatan Pelayanan Publik, mengingat kegiatan webinar ini juga menjadi bagian upaya
menjaga keberlangsungan ZI WBBM di KPKNL Metro.
Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro dalam sambutannya
menyampaikan terima kasih kepada para peserta webinar yang telah hadir baik
melalui media zoom maupun yang menyimak melalui yotube KPKNL Metro. Beliau juga
mengucapkan terima kasih kepada Bapak Arif Risman penulis buku “Komunikasi
Elegan Untuk Meraih Sukses”, yang telah bersedia menjadi narasumber, dalam
kegiatan implementasi salah satu budaya di KPKNL Metro. Sebagai unit vertikal
DJKN yang memberikan fungsi pelayanan di bidang pengelolaan kekayaan negara,
penilaian, piutang negara dan lelang tentunya para Pegawai KPKNL Metro akan
selalu melakukan interaksi dengan para pengguna jasa melalui komunikasi, baik
secara formal maupun informal. Namun demikian ada kalanya komunikasi menjadi
terhambat yang mengakibatkan pesan tidak
tersampaikan dengan tepat. Hal ini
disebabkan oleh cara berkomunikasi yang kurang sesuai dan adanya perbedaan pemahaman antar penyampai informasi dan penerima
informasi. Oleh karena itu perlu adanya penyamaan persepsi dan
perbaikan tata cara berkomunikasi yang baik dalam memberikan pelayanan kepada
Para Pengguna Jasa agar pelayanan prima
yang berintegritas dapat terwujud, dan Pengguna Jasa Puas dengan layanan yang
kita berikan, jelas Maya Sartika.
Kepala Kanwil DJKN Lampung
dan Bengkulu, Dudung Rudi Hendratna selaku Keynote Speech menyampaikan
bahwa sebagai unit vertikal DJKN yang menjalankan fungsi pelayanan tentunya
kita akan melakukan interaksi dengan
Para Pengguna Jasa dan Komunikasi menjadi bagian penting dalam pelaksanaan
fungsi pelayanan tersebut. Mengingat Keberhasilan pelaksanaan pelayanan tidak
terlepas dari faktor komunikasi. Untuk itu komunikasi sangat berperan dalam
peningkatan kualitas pelayanan. Oleh karenanya, komunikasi harus menjadi
perhatian serius bagi organisasi pelayanan publik. Kegagalan dalam membangun
komunikasi dalam pelayanan dapat mengakibatkan terganggunya atau tersumbatnya
aliran informasi pelayanan tersebut, dan dengan demikian tentu saja akan
mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan.
Dalam membedah
bukunya, Arif Risman sebagai penulis buku “Komunikasi Elegan Untuk Meraih
Sukses” menyampaikan bahwa komunikasi elegan menuju sukses perlu proses dan
juga perlu alat pengungkit. Salah satunya adalah skill atau kemampuan
komunikasi kita yang mumpuni. Mereka yang sukses, berkomunikasi dengan
menerapkan pola komunikasi yang lengkap yaitu, komunikasi yang mengoptimalkan
potensi yang dianugerahkan padanya diantaranya badan, jiwa dan pikiran.
Komunikasi yang menghadirkan secara penuh unsur badan, jiwa, dan pikiran.
Seseorang yang berbicara elegan, secara fisik mulai dari mata, telinga, dan
organ badan lainnya terlibat dalam pembicaraan (body), menguasai pokok atau
konten pembicaraan (mind), dan secara jiwa tahu kapan ia perlu menyampaikan
suatu hal pada kawan bicaranya (memiliki rasa empati, paham kepantasan).
Komunikasi elegan adalah komunikasi yang memanusiakan manusia untuk meraih
sukses dalam kehidupannya. Untuk berkomunikasi elegan dapat dilakukkan
dengan cara Kenali
Siapa Kawan Bicara Kita, Persiapkan Konten atau Materi Pembicaraan, Tampilkan Penampilan Diri
Terbaik, Bangun Kedekatan atau Building Rapport, Kemampuan dalam Pacing dan
Leading, Dengarkan dengan Saksama, Kontrol Emosi, Berikan Respon yang Baik,
Lakukan Komunikasi yang Berdampak, Lakukan Komunikasi yang
Objektif dan Beretika, Terus Gali Ilmu dan Wawasan.
Pada sesi tanya jawab yang dipandu oleh
Miftachul Huda, selaku Moderator, Para peserta dapat berinteraksi langsung
dengan Narasumber untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana dan seperti apa
komunikasi yang elegan agar pesan dapat tersampaikan dengan tepat. Kepada lima penanya terbaik disiapkan sovenir buku “Komunikasi
Elegan Untuk Meraih Sukses” yang ditandatangani
langsung oleh Penulisnya. Melalui webinar beduh buku diharapkan semakin
memicu semangat untuk meningkatkan budaya literasi dan dengan berkominikasi secara elegan dapat membuat
orang lain lebih yakin pada apa yang kita sampaikan, sehingga kesuksesan diri
dan organisas dapat tercapai dan pelayanan prima yang berintegritas dapat
terwujud.