Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Webinar Bedah Buku "Komunikasi Elegan Untuk Meraih Sukses"
Desiana Wahyuningsih
Jum'at, 09 Desember 2022   |   157 kali

Jumat (9/12), KPKNL Metro melaksanakan kegiatan webinar bedah buku dengan tema “Komunikasi Elegan Wujudkan Pelayanan Prima”. Webinar yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hakordia tahun 2022, merupakan  implementasi dari salah satu budaya yang dibangun pada KPKNL Metro yaitu “Satu Tahun Satu Buku”,   Dalam setahun  diagendakan minimal ada satu buku yang dibedah bersama. Bedah Buku ini  juga menjadi salah satu upaya  untuk menumbuhkan budaya literasi khususnya bagi Para ASN di lingkungan instansi pemerintah untuk dapat berpikir secara logis dan mampu untuk memecahkan masalah dengan komunikasi yang efektif. Kegiatan Bedah buku “Komunikasi Elegan Untuk Meraih Sukses” yang ditulis oleh Arief Risman menjadi spesial karena pengarangnya langsung yang akan membedah dan mengupas tuntas isi bukunya. Pemilihan tema dan judul buku yang dibedah diselaraskan  dengan program zona integritas khususnya pada area manajemen perubahan dan area Peningkatan Pelayanan Publik, mengingat  kegiatan webinar ini juga menjadi bagian upaya menjaga keberlangsungan ZI WBBM di KPKNL Metro. 

    Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para peserta webinar yang telah hadir baik melalui media zoom maupun yang menyimak melalui yotube KPKNL Metro. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Arif Risman penulis buku “Komunikasi Elegan Untuk Meraih Sukses”, yang telah bersedia menjadi narasumber, dalam kegiatan implementasi salah satu budaya di KPKNL Metro. Sebagai unit vertikal DJKN yang memberikan fungsi pelayanan di bidang pengelolaan kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang tentunya para Pegawai KPKNL Metro akan selalu melakukan interaksi dengan para pengguna jasa melalui komunikasi, baik secara formal maupun informal. Namun demikian ada kalanya komunikasi menjadi terhambat yang mengakibatkan  pesan tidak tersampaikan dengan tepat. Hal ini  disebabkan oleh cara berkomunikasi yang kurang sesuai   dan adanya perbedaan pemahaman antar  penyampai informasi dan penerima informasi.  Oleh karena  itu perlu adanya penyamaan persepsi dan perbaikan tata cara berkomunikasi yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Para Pengguna Jasa  agar pelayanan prima yang berintegritas dapat terwujud, dan Pengguna Jasa Puas dengan layanan yang kita berikan, jelas Maya Sartika.

Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Dudung Rudi Hendratna selaku Keynote Speech menyampaikan bahwa sebagai unit vertikal DJKN yang menjalankan fungsi pelayanan tentunya kita akan melakukan  interaksi dengan Para Pengguna Jasa dan Komunikasi menjadi bagian penting dalam pelaksanaan fungsi pelayanan tersebut. Mengingat Keberhasilan pelaksanaan pelayanan tidak terlepas dari faktor komunikasi. Untuk itu komunikasi sangat berperan dalam peningkatan kualitas pelayanan. Oleh karenanya, komunikasi harus menjadi perhatian serius bagi organisasi pelayanan publik. Kegagalan dalam membangun komunikasi dalam pelayanan dapat mengakibatkan terganggunya atau tersumbatnya aliran informasi pelayanan tersebut, dan dengan demikian tentu saja akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan.

Dalam membedah bukunya, Arif Risman sebagai penulis buku “Komunikasi Elegan Untuk Meraih Sukses” menyampaikan bahwa komunikasi elegan menuju sukses perlu proses dan juga perlu alat pengungkit. Salah satunya adalah skill atau kemampuan komunikasi kita yang mumpuni. Mereka yang sukses, berkomunikasi dengan menerapkan pola komunikasi yang lengkap yaitu, komunikasi yang mengoptimalkan potensi yang dianugerahkan padanya diantaranya badan, jiwa dan pikiran. Komunikasi yang menghadirkan secara penuh unsur badan, jiwa, dan pikiran. Seseorang yang berbicara elegan, secara fisik mulai dari mata, telinga, dan organ badan lainnya terlibat dalam pembicaraan (body), menguasai pokok atau konten pembicaraan (mind), dan secara jiwa tahu kapan ia perlu menyampaikan suatu hal pada kawan bicaranya (memiliki rasa empati, paham kepantasan). Komunikasi elegan adalah komunikasi yang memanusiakan manusia untuk meraih sukses dalam kehidupannya. Untuk berkomunikasi elegan dapat dilakukkan dengan  cara Kenali Siapa Kawan Bicara Kita, Persiapkan Konten atau Materi Pembicaraan, Tampilkan Penampilan Diri Terbaik, Bangun Kedekatan atau Building Rapport, Kemampuan dalam Pacing dan Leading, Dengarkan dengan Saksama, Kontrol Emosi, Berikan Respon yang Baik, Lakukan Komunikasi yang Berdampak, Lakukan Komunikasi yang Objektif dan Beretika, Terus Gali Ilmu dan Wawasan.

Pada sesi tanya jawab yang dipandu oleh Miftachul Huda, selaku Moderator, Para peserta dapat berinteraksi langsung dengan Narasumber untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana dan seperti apa komunikasi yang elegan agar pesan dapat tersampaikan dengan tepat. Kepada  lima penanya terbaik disiapkan sovenir buku “Komunikasi Elegan Untuk Meraih Sukses”  yang ditandatangani langsung oleh Penulisnya. Melalui webinar beduh buku diharapkan semakin memicu semangat untuk meningkatkan budaya literasi dan dengan  berkominikasi secara elegan dapat membuat orang lain lebih yakin pada apa yang kita sampaikan, sehingga kesuksesan diri dan organisas dapat tercapai dan pelayanan prima yang berintegritas dapat terwujud.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini