Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
SETARA DALAM GENDER ADIL DALAM PELAYANAN
Desiana Wahyuningsih
Rabu, 27 April 2022   |   506 kali

Dalam rangka memperingati hari Kartini 2022 dan sebagai wujud dukungan KPKNL Metro dalam penerapan Pengarustumaan Gender (PUG) di pelaksanaan tugas dan fungsinya, Selasa (26/04), melalui media daring Zoom Meeting, KPKNL Metro melaksanakan Webinar dengan tema Setara Dalam Gender Adil Dalam Pelayanan, yang menghadirkan Narasumber Wakil Gubernur Lampung Ibu Chusnunia Chalim, Kepala BAPEDA Kota Bandar Lampung  Bapak Khaidarmansyah dan Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Ibu Kusumawardhani.

 

Isu gender merupakan salah satu isu global dalam pembangunan nasional diberbagai negara, khususnya pembangunan sumber daya manusia, maka dari itu, lahirlah Pengarusutamaan Gender (PUG) yang menjadi strategi global dalam mempromosikan kesetaraan gender agar dapat mewujudkan pembangunan yang adil, efektif, dan akuntabel bagi seluruh rakyat tanpa memandang gender, ujar Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro dalam pembukaannya.

 

Dedi Syarif Usman, Sekretaris Ditjen Kekayaan Negara sebagai Key Note Speaker menyampaikan bahwa sebagai ASN, sudah semestinya kita melakukan pelayanan kepada masyarakat tanpa adanya unsur diskriminasi gender. Dimana Pelayanan dan Profesionalisme termasuk dalam Lima nilai-nilai Kementerian Keuangan yang berarti bahwa kita harus memberikan layanan kepada masyarakat dengan sepenuh hati, transparan, tanggung jawab, dan memiliki komitmen tinggi dalam menjalankan sebuah amanah.  Keberhasilan kebijakan terkait kesetaraan gender ini harus dilaksanakan oleh berbagai stakeholder mulai dari pemerintah, swasta, hingga masyarakat umum sebagai pelaku dan penerima manfaat atas apa yang kita lakukan tanpa memadang gender.

 

Kesetaraan gender bukan berarti perempuan dan laki-laki harus dianggap sama, tetapi mereka memiliki nilai yang setara, sehingga seharusnya mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sama. Untuk itu mari kita semua bersinergi membangun suatu lingkaran kekuatan tanpa memandang gender dengan saling berbagi pikiran untuk membuat sistem pemerintahan yang demoraktis dan lingkungan kerja yang responsive gender demi terwujudnya kesetaraan gender yang adil dalam pelayanan, jelas Dudung Rudi Hendratna, Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkul sebagai Key Note Speaker 2.

 

Setara dalam Gender Adil Dalam Pelayanan menjadi materi pertama yang disampaikan oleh Chusnunia Chalim. Kesetaraan gender menentukan kemajuan  bangsa di masa kini dan masa depan. PUG bukanlah program kegiatan namun merupakan strategi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan  dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan evaluasi terhadap seluruh aspek kehidupan dan pembangunan sehingga diharapkan bisa bermanfaat untuk semua. Peran Pemimpin Perempuan Dalam Mewujudkan Pembangunan dan Pelayanan Publik Yang Responsive Gender menjadi materi kedua yang disampaikan oleh Khaidarmansyah yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi ketiga oleh Kusumawardhani, tentang Pengarusutamaan Gender di lingkungan Kementrian keuangan khususnya DJKN.

 

             Melalui Webinar ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan kesamaan pemahaman mengenai pentingnya penerapan Pengarusutamaan Gender (PUG)  di setiap unit kerja, agar kesetaraan gender dapat terwujud dan keadilan dalam pelayanan dapat tercipta, untuk Indonesia setara bersama.  
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini