Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
KEMENKEU BERSINERGI MEMBANGUN NEGERI (FGD PEJABAT ADMINSTRATOR KPKNL METRO)
Desiana Wahyuningsih
Kamis, 02 Desember 2021   |   309 kali

Rabu (1/12)   melalui media zoom , para pegawai KPKNL Metro dengan penuh antusiasme mengikuti Focus Group Discussion Pejabat Administrator Kementerian Keuangan Periode Triwulan IV yang mengambil tema Kemenkeu Bersinergi Membangun Negeri dan Presidensi G20 Indonesia 2022. FGD ini dipimpin langsung oleh Maya Sartika selaku Pejabat Administrator KPKNL Metro.

Besarnya organisasi dan SDM Kementerian Keuangan yang tersebar di hampir seluruh wilayah Republik Indonesia  menimbulkan tantangan berupa sinergi antar unit organisasi maupun antar pegawai Kementerian Keuangan yang tersebar di beberapa unit Eselon I Kementrian Keuangan. Sinergi  Kementrian Keuangan dibangun melalui program Joint Program Optimalisasi Penerimaan dan  Kemenkeu satu berbasis kewilayahan. Komitmen memperkuat sinergi dan kolaborasi dibangun untuk menjaga dan mengawal APBN agar tujuan  nasional dapat tercapai, ujar Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro, dalam mengawali pemaparannya tentang Kemenkeu Bersinergi Membangun Negeri. Joint program Kemenkeu satu berbasis kewilayahan dilaksanakan melalui empat komponen yaitu optimalisasi penerimaan, ALCO Regional dan Regional Chief Economist, Pembrdayaan UMKM dan Strategi Komunikasi yang efektif dan berdampak signifikan.

Forum G20 Indonesia 2022 merupakan forum multilateral dalam meningkatkan kerja sama di sektor ekonomi dan keuangan terhadap agenda global strategis seperti penguatan ketahanan ekonomi, pemulihan ekonomi, industry revolution 4.0, transformasi digital, perpajakan internasional, pembangunan berkelanjutan penguatan system kesehatan dan lainnya. .Indonesia memaastikan G 20 berkontribusi secara konkret mengatasi pandemic Covid 19 melalui kerja sama ketersediaan vaksin dan crisis resilience di masa depan. Indonesia juga menggalang solidaritas global untuk mengatasi krisis melalui koordinasi kebijakan ekonomi, aliran perdagangan, investasi dan pencapaian pembangunan berkelanjutan, jelas Maya Sartika 

Pada kesempatan ini Dwiyanto Sinung W, Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNNL Metro juga berkesempatan menyampaikan terkait kondisi terkini APBN kita per 31 Oktober 2021. Gambaran terkait realisasi belanja negara dan realisasi pendapatan negara dijelaskan sesuai sumber dan peruntukannya.

Diharapakan dengan dilaksanakannya FGD ini dapat menjaga keseragaman pemahaman terkait  program Kemenkeu Bersinergi membangun negeri dan pelaksanaan Presidensi G 20 Indonesia 2022, sehingga para pegawai  KPKNL Metro juga dapat menularkan dan memberikan pencerahaan kepada masyarakat dengan tepat.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini