Sebagai upaya edukasi dan komunikasi kepada
para penggunan jasa lelang di wilayah kerja KPKNL Metro terkait lelang, Kamis (18/11) KPKNL Metro melaksanakan sosialisasi PMK
213/PMK.06/2020, yang dilaksanakan
secara virtual melalui media zoom dan dirangkai dengan pemberian apresaiasi kepada
para pengguna jasa lelang. Dalam sambutannya Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro
menyampaikan, diterbitkannya PMK Nomor 213/PMK.06/2020
tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang yang terdiri dari 113 Pasal yang terbagi
dalam 12 Bab, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan sehingga mampu mewujudkan
tata kelola lelang yang lebih efisien, efektif, transparan, akuntabel, sederhana,
modern dan menjamin kepastian hukum,
serta merespon berkembangnya model transaksi perdagangan melalui sistem elektronik,.
Pada kesempata ini Maya Sartika juga
menyampaikan bahwa KPKNL Metro saat ini sedang berupaya
membangun Zona Integrasi menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Untuk mencapai hal tersebut, KPKNL Metro telah membangun beberapa inovasi serta
terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para
pengguna jasa. Oleh karena itu, KPKNL Metro sangat mengapresiasi kerjasama dan
komunikasi yang terjalin sangat baik dengan Bapak/Ibu selaku pengguna jasa
pelayanan lelang sehingga Indikator Kerja Utama terkait lelang hingga Kuartal
III Tahun 2021 menunjukan hasil yang sangat menggembirakan.
Memasuki sesi sosialisasi PMK 213/PMK.06/2020, Miftachul Huda berlaku
sebagai moderator yang memandu pelaksanaan sosialisasi hingga sesi tanya jawab.
Mizan Abidi, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Metro dan Walfajri, Staff
Seksi Pelayanan lelang berlaku sebagai
Penyampai Materi. Bagaiman pelaksanaan lelang sesuai PMK 213/PMK.06/2020, dikupas
tuntas oleh Mizan Abidi, sehingga informasi tentang pelaksanaan lelang
tersampaikan secara jelas dan menyeluruh. Sedangkan materi Modul
Permohonan Lelang Online disampaikan oleh Walfajri. Untuk lebih memperdalam pemahaman
peserta terkait pelaksanaan lelang, moderator membuka sesi tanya jawab. Rasa
ingin tahu, para peserta tersampaikan melalui berbagai pertanyaan terkait
implementasi pelaksanaan lelang sebagaiman
peraturan berlaku, yang direspon
langsung oleh Mizan Abidi dan Walfajri selaku penyampai materi.
Pemberian apresiasi
kepada para pengguna jasa lelang KPKNL Metro, menjadi acara pamungkas yang
dinanti oleh para peserta. Apresiasi lelang ini diberikan dalam beberapa
kategori, yaitu :
1. Untuk Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank terdiri dari dua kategori yaitu”
Pokok Lelang Tertinggi dan Produktifitas lelang terbaik
2. Untuk Satuan Kerja terdiri dari satu kategori, yaitu “Permohonan Lelang
Terbaik: dengan mempertimbangkan aspek frekuensi lelang, produktifitas lelang
serta kontribusi terhadap PNBP Lelang”
Melalui kegiatan sosialisasi dan
pemberian apresiasi ini juga diharapkan menjadi sarana untuk semakin mempererat
sinergi dan kolaborasi antara KPKNL Metro dan Para Pengguna Jasa Lelang. KPKNL
Metro siap melayani penuh Integritas.