Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Medan > Berita
Optimalkan Capaian Produktivitas Lelang di 2021, KPKNL Medan Lakukan Troubleshooting dengan Stakeholder Perbankan
Rahmadina Agusti
Senin, 01 Maret 2021   |   171 kali

        Medan - Bertempat di Ruang Rapat Lt. 2 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan, pada Jumat (26/02) dilaksanakan acara Koordinasi dan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Lelang Tahun 2020 dan Strategi Pencapaian Target 2021 dengan Penguatan Produktivitas Lelang. Kepala KPKNL Medan, Kesatria Purba, hadir membuka acara yang mengundang stakeholder perbankan yang memiliki frekuensi lelang paling tinggi di KPKNL Medan dalam tahun 2020.

           Kendati frekuensi lelang tahun 2020 cukup tinggi, namun bila dicermati data pada tahun lalu, hasil capaian lelang dapat dikatakan belum optimal. Selain pokok lelang yang tercapai sebesar 77 %, dan taget Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lelang tercapai sebesar 67 %, hal paling mencolok terjadi capaian produktivitas lelang (lelang laku) yang hanya tercapai 30%.  Hal ini tentunya disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktornya tentu saja karena lesunya perekonomian akibat dampak dari pandemi Covid-19. Acara ini dilaksanakan dengan harapan dapat menggali faktor-faktor penyebab lainnya dari para stakeholder langsung. Beberapa bank yang termasuk memiliki frekuensi tinggi namun produktivitasnya rendah antara lain Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BPD Sumatera Utara (Bank Sumut) dan CIMB Niaga.

           Dalam sambutannya, Kesatria Purba menyampaikan apresiasi atas kontribusi para stakeholder dalam capaian lelang KPKNL Medan di tahun 2020. Selanjutnya Kesatria memaparkan maksud dan tujuan acara Koordinasi dan Evaluasi ini dilaksanakan kepada para undangan. Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Erni Hayati Nasution.

       Para undangan sangat antusias dalam menanggapi sambutan dari Kepala KPKNL Medan. Prima Junaidi selaku Head of Remedial & Recovery BNI Medan mengungkapkan bahwa salah satu kendala rendahnya produktivitas lelang antara lain karena adanya keraguan bagi calon pembeli lelang terkait penguasaan objek lelang, terutama bila atas objek tersebut telah ada gugatan di pengadilan. Bagaimana meyakinkan pembeli dan bagaimana menciptakan rasa aman bagi para pembeli lelang merupakan PR (red: pekerjaan rumah) bagi kita bersama (red: perbankan dan KPKNL), pungkas Prima. Turut hadir dalam acara ini Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Madya KPKNL Medan, Budi Purwanto, yang menyampaikan sudut pandang Pelelang dalam kaitan payung hukum pelaksanaan lelang.

        Pimpinan Bidang Pembiayaan Bank Sumut, Kaswinata, juga menambahkan bahwa dampak lelang atas penurunan NPL (Non Performing Loan) telah cukup signifikan, namun belum dapat menghasilkan produktivitas lelang (laku) sesuai harapan. Hal ini juga diamini oleh para peserta dari perbankan lainnya. Penetapan nilai limit dengan interval nilai pasar dan nilai likudasi menjadi isu menarik dalam acara kali ini. Beberapa kendala teknis juga dapat tergali dan disepakati dengan komitmen untuk menemukan formula yang terbaik dalam strategi pencapaian target lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) khususnya KPKNL Medan dan maupun perbankan.

          Pada kesempatan ini Kesatria Purba juga menyampaikan bahwa KPKNL Medan menerima segala kritik dan saran dari pihak perbankan terkait pelayanan lelang di KPKNL Medan untuk peningkatan layanan lelang KPKNL Medan kedepannya. Pihak perbankan yang hadir juga turut mengucapkan terima kasih kepada KPKNL Medan atas kerja sama yang baik dan telah terbina selama ini. (EHN/RA. Dok. Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. P. Diponegoro No. 30a Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Medan - 20152
(061)4513612/ 0811612022
(061) 453041
kpknlmedan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini