Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Kegiatan Penilaian Aset BMN Polres Minahasa Selatan
Andhi Rifqi Mubarok
Senin, 13 Maret 2023   |   80 kali

Manado (13/03) - Penilai Pemerintah Ahli Muda Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado, Ary Tri Hermawan melaksanakan survei lapangan dalam rangka penilaian aset Barang Milik Negara (BMN) di Polres Minahasa Selatan. Hal ini merupakan salah satu tugas dan fungsi Kementerian Keuangan Cq. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui KPKNL yang memiliki tugas sebagai pengelola aset negara.

Polres Minahasa Selatan selaku pengguna BMN mengajukan permohonan penilaian kepada KPKNL Manado sebagai pengelola BMN terhadap dua bidang tanah dan bangunan yang rencananya akan disewakan untuk mesin ATM dan kantin Polres Minahasa Selatan.

Bertempat di Polres Minahasa Selatan, Kasi Keuangan, Risno Tajib yang juga salah satu tim penanggung jawab aset di Polres Minahasa Selatan mengatakan, “Hasil sewa nantinya akan menjadi salah satu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang hasilnya langsung masuk ke kas negara sebagai sumber penerimaan negara”.

Ary Tri menambahkan, “Pengelolaan BMN disetiap pengguna aset di Kementerian/Lembaga dituntut untuk dapat memanfaatkan secara optimal BMN yang dinaunginya, sehingga dapat menunjang penerimaan negara melalui PNBP.”

“Sehingga hal tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat dan penerimaan negara dapat disalurkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat”, tambah Ary.   

Pelaksanaan survei dilaksanakan dengan memeriksa kondisi objek penilaian dan dituangkan dalam berita acara survei lapangan. Hasil nilai wajar selanjutnya akan dituangkan dalam bentuk laporan penilaian oleh Penilai Pemerintah yang akan diserahkan kepada pihak pemohon (Polres Minahasa Selatan) yang kemudian dapat dilakukan tindaklanjut pelaksanaan sewa.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Bethesda No. 6-8 Gedung Keuangan negara Lt. 4 Manado - 95114
(0431) 860255
(0431) 860255
kpknlmanado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini