Manado – Jumat (03/03/2023) dalam rangka meningkatkan
kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) KPKNL Manado menyelenggarakan kegiatan Capacity
Buliding Service Excellent di Ruang Kerja KPKNL Manado. Kegiatan tersebut
dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Manado. Pembawa materi kegiatan ini
dibawakan oleh Deasy Peleauw Service Regional Officer PT Bank Mandiri (Persero)
Tbk Sulawesi Utara dan Gorontalo. Kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan
untuk mendukung KPKNL Manado dalam meraih Zona Integritas menuju Wilayah
Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tahun 2023.
Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WITA setelah acara Jumat
Krida KPKNL Manado. Rofiq Manshur selaku Kepala KPKNL Manado menyampaikan
ucapan terima kasih atas kesediaan Deasy Peleauw sebagai pembawa materi.
Rofiq Manshur membuka kegiatan dengan menyampaikan kata
sambutan dan berpesan kepada seluruh pegawai KPKNL Manado khususnya kepada pegawai
yang bertugas sebagai Tim Area Pelayanan Terpadu KPKNL Manado agar dapat
mengikuti kegiatan dengan baik serta berharap bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini bisa memberikan pemahaman bagaiamana pelayanan terbaik dapat diberikan kepada pengguna jasa serta memberikan energi
positif bagi pegawai dalam melaksanakan aktivitas pekerjaan kantor sehari-hari.
Selanjutnya penyampaian materi oleh Deasy Peleauw SRO Bank
Mandiri SulutGo dengan materi tentang service excellent. Service
mindset dimana mindset kita harus sesuai dengan ekspektasi dari customer, komunikasi
efektif dengan memberikan kesan yang positif bagi customer,
berpenampilan yang menarik serta bagaimana cara menangani complain dari
pengguna jasa. Selanjutnya dilakukan kegiatan role play dalam standar
pemberian layanan yaitu bagaimana penyambutan pengguna jasa, memberikan layanan
(menyelesaikan layanan/informasi layanan) dan bagaimana menangani keluhan
pengguna jasa.
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pegawai KPKNL Manado dapat
memahami pentingnya pelayanan yang prima, komunikasi yang efektif, penampilan menarik serta cara menangani komplain sehingga diharapkan pelayanan KPKNL Manado kepada pengguna jasa akan menjadi lebih baik.