Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Mamuju Giat Berkoordinasi dengan Mitra Perbankan Guna Meningkatkan Kinerja dan Akuntabilitas Lelang
Ida Kade Sukesa
Senin, 10 April 2023   |   65 kali

Mamuju – Dalam rangka penggalian potensi lelang dan peningkatan kualitas hasil palaksanaan lelang Kepala KPKNL Mamuju melaksanakan koordinasi dengan PT BRI (Persero) Tbk Kantor Cabang Polewali (BRI Polewali) pada Rabu (5/4) lalu.

Kegiatan yang juga merupakan bagian dari upaya peningkatan pendapatan Negara bukan pajak (PNBP) itu dilakukan langsung oleh Kepala KPKNL Mamuju Helvita Dorojatun dengan didampingi oleh oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Muda KPKNL Mamuju Syarifuddin.

Sebelum dilakukan koordinasi dengan pihak BRI Polewali, KPKNL Mamuju melaksanakan lelang eksekusi hak tanggungan yang dimohonkan oleh BRI Polewali, yang dilaksanakan di tempat yang sama, dipimpin oleh Syarifuddin. Pelaksanaan lelang tersebut juga dihadiri oleh Pejabat Penjual dari pihak BRI Polewali yaitu Irma, supervisor penunjang bisnis BRI Polewali, dan disaksikan oleh M. Ardhito dari KPKNL Mamuju dan Arif dari BRI Polewali.

Setelah pelaksanaan lelang ditutup, Helvita Dorojatun dan jajaran melangsungkan pertemuan dengan pihak BRI Polewali. Pada kesempatan tersebut Helvita mendorong BRI Polewali untuk meningkatkan pengajuan permohonan lelang atas barang jaminan yang dinilai marketable, meningkatkan kualitas permohonan dengan memastikan seluruh tahapan pra lelang dilakukan secara akuntabel, dan juga dapat melakukan pemasaran secara optimal.

Lebih lanjut, Helvita menanyakan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan lelang, termasuk kegiatan pra dan paska lelang, oleh pihak BRI polewali. Irma, mewakili Pimpinan Cabang menyampaikan bahwa selama ini BRI Polewali Mandar tidak mengalami kesulitan terkait lelang karena sudah difasilitasi dengan baik oleh KPKNL Mamuju.

Ketika ditanya mengenai kendala dalam penerbitan surat keterangan pendaftaran tanah (SKPT), Arif menyampaikan bahwa SKPT saat ini sudah tidak lagi mengalami kendala karena sudah dapat diproses secara online. "Bahkan saat ini sudah tidak perlu ke BPN lagi, sehingga proses lelang sama sekali tidak ada kendala berarti,” ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, ketika dihubungi tim pemberitaan, Helvita menyampaikan bahwa kegiatan koordinasi yang intensif dengan para pemohon lelang khususnya perbankan perlu dilakukan untuk memastikan proses pra lelang dilakukan secara akuntabel sehingga pelaksanaan lelangnya dapat menjamin kepastian hukum bagi para pihak yang berkepentingan. β€œIni sejalan dengan janji layanan kita yaitu memberi layanan Pasti, yaitu layanan yang mampu memberi jaminan kepastian hukum, prosedur, waktu, dan biaya,” tandasnya dengan lugas. (IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Dr. Sam Ratulangi Nomor 4, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat 91511
0426-2328556, 08114121599
0426-2328556
kpknlmamuju@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini