Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Internalisasi Pengetahuan Lelang dan Aplikasi Lelang.go.id
Gusnadi
Selasa, 26 September 2023   |   22 kali

Pada hari Senin tanggal 25 September 2023 dillaksanakan internalisasi pengetahuan lelang dan aplikasi lelang.go.id, oleh narasumber pelelang ahli muda yakni Saudara Imam Santoso dari KPKNL Makassar. Pelaksanaan internalisasi pengetahuan lelang tersebut dilakukan melalui luring bertempat di Aula Kanwil DJKN Sulseltrabar, GKN II dan juga melalui daring yakni melalui ms-teams, dipandu oleh moderator dari Kanwil DJKN Sulseltrabar yakni Kepala Sub Bagian Sumber Daya Manusia Saudari Zubaedah Usman. Internalisasi pengetaha\uan lelang ini merupakan ide proyek perubahan dari tim Duta Transpormasi Kanwil DJKN Sulseltrabar dan Duta Transprmasi KPKNL Makassar dengan judul “Losari” kepanjangan dari Lelang Online Sukarela Internal.

Sebelum pelaksanaan internalisasi dilaksanakan,  disampaikan sambutan oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar yang diwakili oleh kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Sulseltrabar yakni Ibu Chairiah. Acara ini diadakan karena dilatar belakangi oleh masih terdapat beberapa pegawai di lingkungan DJKN, khususnya di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar yang masih awam tentang lelang bahkan belum punya akun  lelang.go.id Hal ini berdasarkan hasil survey IKPL tahun 2022 di Lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar diketahui bahwa Hasil survei pelayanan lelang sebesar 4,7. Indikator yang dianggap kurang di dalam pelayanan lelang antara lain meliputi kemampuan/kompetensi petugas dan perilaku petugas, serta survei internal pegawai DJKN Sulseltrabar terkait tingkat pemahaman pemberian layanan lelang yang ternyata diketahui masih terdapat gap kompetensi dan perilaku petugas layanan.

Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kompetensi pegawai lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar secara keseluruhan yang diharapkan akan meningkatkan reliability dan responsiveness dalam memberikan pelayanan lelang kepada pengguna jasa layanan lelang. Peningkatan kompetensi meliputi peningkatan softskill dalam pemberian layanan dan peningkatan pengetahuan pegawai terkait pelayanan lelang secara umum dan secara khusus pelayanan lelang yang bebas dari korupsi dan gratifikasi sehingga mampu merespon kebutuhan stakeholders terkait informasi dan layanan lelang secara cepat, tepat, dan tepercaya.

Internalisai dipaparkan oleh Imam Santoso antara lain dengan pengetahuan tentang lelang, cara pembuatan akun dan permohonan lelang melalui e-auction,  pengetahuan permohonan lelang online pada aplikasi portal lelang Indonesia bagi pemohon lelang, pengetahuan tentang fitur kode billing bea permohonan lelang online dan konvensional, serta user manual pencetakan tiket permohonan lelang online. Selesai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab seputar pelaksanaan lelang.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini