Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Optimalisasi Aset BMN dengan Kerja Sama Pemanfaatan (KSP)
Fatimah
Rabu, 02 Agustus 2023   |   64 kali

KPKNL Makassar dan Kanwil DJKN Sulseltrabar bersama menghadiri undangan dalam rangka koordinasi rencana Kerja Sama pemanfaatan BMN pada instalasi tambak Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAPPP) Punaga, Kabupaten Takalar pada tanggal 1 Agustus 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BRPBAPPP A. Indrajaya Asaad, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Arif Bintarto Yuwono, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Misail Palagia, Kepala Sub Bagian TURT Sutriadi, Kepala KPKNL Makassar Harmaji, Kepala Seksi PKN Pramar Susianto, dan anggota tim Koin Mas Sulseltrabar-Makassar I (Gandhi Yohanes Samuel, St. Zubaedah Usman, Andi Mujahid Darwis, Khoirul Umam, dan Aulia Khaerunnisa). A. Indrajaya Asaad dalam pembukaannya menyatakan bahwa, “Rencana Kerjasama pemanfaatan BMN ini akan menjadi cikal bakal percontohan untuk KKP Kebumen dan berharap mendapatkan dukungan dari Kementerian Keuangan.”

Arif Bintarto Yuwono dalam sambutan menyatakan bahwa, “DJKN sebagai manajer asset yang bersinergi antara KPKNL Makassar dan Kanwil DJKN Sulseltrabar yang apabila BMN berhasil kita kapitalisasi bisa menjadi perhatian dari pimpinan, karena arestasinya dibawah 20 Milyar maka merupakan kewenangan KPKNL Makassar. Kanwil akan mensupport  Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) ini karena merupakan program yang selaras di satker BRPBAPPP untuk memanfaatkan aset BMN dan peran DJKN selaku Pengelola Aset BMN. Prinsipnya agar aset ini dapat dikelola dengan baik, agar dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat. Ini bukan pertemuan yang pertama, insyaAllah akan secara berkala melaksanakan pertemuan. Saya berharap agar tim Koin Mas bisa mengkapitalisasi apapun yang ada disini sehingga nanti laporan atau hasilnya, output dan outcomenya akan menghasilkan sesuatu yang bagus dan baik. Ini bukan hal yang baru, kita bisa berkolaborasi dalam rangka mengoptimalkan asset-aset sehingga dapat meningkatkan PNBP dan memberikan dampak ekonomi sosial kepada masyarakat.”

Harmaji menambahkan, “KPKNL Makassar meberikan apresiasi kepada Kepala BRPBAPPP karena telah mengajukan dan menjelaskan proposal Kerja Sama Pemanfaatan yang merupakan suatu terobosan dan inovasi untuk pemanfaatan Aset BMN. Mari kita bersinergi dan kita dorong bersama supaya ini berhasil dengan mengikuti ketentuan PMK 115 Tahun 2020 . Karena tujuan kita seiring, bagaimana kita memanage agar asset itu bekerja dapat meningkatkan manfaat dan PNBP, tentusaja ini tidak ringan dan perlu effort.  KPKNL juga berharap untuk asset-aset BMNyang berada di Kabupaten Barru dan Maros juga dapat diupayakan untuk pemanfaatan sekaligus dapat mendorong untuk tumbuh kembangkan UMKM atau sosial. Kami selaku pengelola BMN di KPKNL siap mendukung dan membantu”

Kegiatan dilanjutkan dengan melihat secara langsung obyek pemanfaatan BMN dengan system KSP berupa tanah dan tambak beton di kabupaten Takalar, seluas sekitar 3 Ha, yang potensinya untuk pembudidayaan dan pembesaran udang vaname. Melalui projek optimalisasi pemanfaatan BMN ini, diharapkan mampu menghasikan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta menghemat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta memberikan dampak yang positif bagi perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini