Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
KPKNL Makassar Bersama BRI, Gelar Sosialisasi Lelang UMKM
Fatimah
Jum'at, 12 Mei 2023   |   145 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Lelang (KPKNL) Makassar pada tanggal 11 Mei 2023 mengadakan kegiatan sosialisasi kedai lelang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dilaksanakan di aula Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero,Tbk. Cabang Panakukkang , Jalan Hertasning Kota Makassar. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari BRI unit yang berada di cabang Panakukkang. Tema “Inovasi Lelang Mendorong Pertumbuhan Penjualan Lelang Produk UMKM” serta slogan “Kedai Lelang KPKNL Makassar Inovasi Tiada Henti, Sahabat UMKM”. Sosialisasi dibuka oleh Reza sebagai Plh.Pimpinan BRI Cabang Panakukkang. Dalam sambutan Reza memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPKNL Makassar atas pelaksanaan sosialisasi Kedai Lelang UMKM tahun 2023 sebagai wujud membangun kerja sama dan menciptakan kolaborasi antara BRI dan KPKNL Makassar dalam penjualan produk UMKM dibawah binaan PT. BRI Makassar.

Selanjutnya sambutan dari Kepala KPKNL Makassar Harmaji yang menjelaskan maksud dan tujuan Sosialisasi untuk menggalang kerjasama dengan BRI, khususnya Cabang Panakukkang guna untuk mendorong Pelaku UMKM dibawah binaannya di Kota Makassar dapat menjual Produk UMKM melalui KPKNL Makassar dengan cara lelang. Kedai lelang UMKM merupakan salah satu inovasi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak pandemi covid 19. Keunggulan penjualan melalui lelang.go.id antara lain dapat di akses dengan mudah, berskala nasional, dapat menciptakan harga yang bersaing secara kompetitif dan hasil yang optimal. Inovasi Kedai Lelang ini juga sebagai cara memperkenalkan lelang kepada masyarakat, karena image lelang selama ini adalah lelang barang sitaan bank dan lainnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan acara inti yakni sosialisasi lelang yang disampaikan oleh Markus Lanteng Pelelang Ahli Pertama KPKNL Makassar yang menjelaskan Kedai Lelang UMKM dilaksanakan dalam rangka memasyarakatkan dan menggali potensi lelang sukarela produk-produk UMKM di wilayah kerja kantor penyelenggara lelang, serta meningkatkan kerjasama dengan pengusaha UMKM untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional yang sempat terpuruk karena pandemi covid 19. Kegiatan ini sekaligus bentuk perhatian pemerintah dalam membantu memasarkan produk UMKM dan industri kreatif masyarakat melalui portal lelang.go.id agar hasil produk tersebut dapat dipasarkan secara nasional.

Tujuan Lelang UMKM adalah:

1.       Meningkatkan kerja sama dengan Perbankan dan pelaku UMKM dibawah binaannya sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional.

2.       Pelaku UMKM dapat turut memanfaatkan platform lelang DJKN/KPKNL Lelang.go.id  sebagai instrumen jual-beli produk mereka

3.       Mewujudkan lelang sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodir kepentingan masyarakat guna tercapainya optimalisasi pada sektor lelang sukarela dengan objek produk UMKM.

 

Objek dari lelang UMKM adalah produk kering dan tahan lama serta memiliki nilai keunikan. Adapun tata cara lelangnya adalah dengan melakukan permohonan melalui website lelang.go.id serta memiliki akun, cukup dengan merekam data: alamat e-mail, nomor KTP, NPWP, nomor handphone dan nomor rekening bank sesuai dengan nama pemilik akun lelang pada alamat lelang.go.id

Pengenaan bea lelang pada lelang produk UMKM adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No 95/PMK.06/2022 tentang Besaran, Persyaratan PPn Tatacara Pengenaan Tarif sampai dengan 0 persen (0 persen) atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kementerian Keuangan,

Harapannya Lelang sebagai alternatif jual beli semakin dikenal masyarakat luas dan dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional. Bravo DJKN dan inovasi kedai lelang.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini