Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Sinergi Mendukung Intimacy Pengguna Jasa KPKNL Makassar
Fatimah
Rabu, 10 Mei 2023   |   33 kali

Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan dijuluki Kota Kuda karena masyarakatnya gemar makan daging kuda, terutama gantala, masakan khas jeneponto yang terbuat dari Daging Kuda

Pada hari Jumat tanggal 5 Mei 2023,  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar menerima kunjungan kerja Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jeneponto. Kunjungan tersebut dipimpin Kepala Bagian BPKAD H. Armawih A.Paki. SIP.MM dan dan disambut Harmaji kepala KPKNL Makassar.

Dalam pertemuan tersebut Harmaji menyampaikan tugas dan fungsi KPKNL Makassar terutama berkaitan dengan pelayanan KPKNL Makassar kepada pemerintah daerah antara lain terkait layanan penilaian dan lelang Barang Meilik Daerah (BMD). Maksud dari kunjungan Pemkab Jeneponto adalah terkait tata cara pengelolaan BMD dan pemindahtanganan aset daerah terutama kendaraan dinas pejabat Negara. Pembahasan juga terkait pengamanan aset daerah berupa tanah dan juga pemusnahan arsip.

Berkaitan dengan peralihan aset BMD Kabupaten Jeneponto berupa kendaraan dinas sudah terdapat peraturan yang mengakomodir yaitu peraturan nomor PP 84/2014 dan PP 20 tahun 2022 tentang Penjualan Barang Milik Negara/Daerah Berupa Kendaraan Perorangan Dinas. Peran KPKNL dalam hal ini adalah untuk menentukan nilai wajar atas objek tersebut.

Kemudian mengenai pengelolaan aset BMD berupa tanah, KPKNL Makassar menghimbau kepada Pemkab Jeneponto untuk melaksanakan sertifikasi atas seluruh asetnya dengan berkoordinasi Kantor Pertanahan setempat, hal ini sebagai upaya untuk mengamankan aset tersebut.

Selanjutnya terkait aset berupa arsip yang sudah habis masa simpannya atau sudah tidak sejalan dengan peraturan yang berlaku saat ini, KPKNL Makassar menghimbau untuk dilaksanakan penghapusan arsip yang melewati jadwal retensinya, sehingga tidak terlalu menumpuk digudang.

KPKNL Makassar bersedia membantu Pemkab Jeneponto dengan memberikan asistensi atau sosialisasi untuk menunjang pengelolaan aset BMD sesuai ketentuan yang berlaku, sebagai bentuk peningkatan peran dan kontribusi KPKNL Makassar kepada Daerah tingkat II Kabupaten dan Kota yang berada diwilayah kerjanya. Sinergi yang baik akan menciptakan intimacy kepada seluruh pengguna jasa 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini