Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Morning call KPKNL Makassar, Bahas Kinerja KPKNL Makassar Triwulan Pertama 2022
Fatimah
Jum'at, 18 Maret 2022   |   92 kali

Makassar – KPKNL Makassar melaksanakan evaluasi dan monitoring terhadap kinerja dan capaian pada awal triwulan pertama tahun 2022 pada hari ini (18/03) dalam kegiatan “Morning Call”. Harmaji Kepala KPKNL Makassar dalam pembukaannya menyampaikan bahwa perlu kiranya dilaksanakan pembahasan awal terkait kinerja KPKNL Makassar pada triwulan pertama ini, mengingat terdapat beberapa IKU baru yang perlu diperhatikan perhitungan dan juga manual IKU-nya. Seperti pada Subbagian Umum terdapat IKU pengelolaan BMN yang yang memerlukan penjelasan lebih detail terkait manual IKU. Selain IKU Pengelolaan BMN, Harmaji juga berharap seksi lain dapat meninjau kembali target IKU pada tahun 2022 sekaligus manual IKUnya, agar capaian yang diraih tahun ini dapat dioptimalkan.

Lebih lanjut Harmaji menyampaikan bahwa terdapat beberapa kegiatan yang membutuhkan perhatian saat ini, terkait persiapan gebyar lelang yang akan dilaksanakan pada tanngal 24 Maret 2022 yang merupakan kolaborasi KPKNL Makassar, Kanwil DJKN Sulseltrabar, BRI Regional Sulsel, KPTIK BMN Makassar, BDK Makassar dan Para Pengusaha UMKM. Harmaji berharap seluruh seksi dan subagian dapat bekerjasama dengan baik agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tujuannya tercapai dalam rangka peningkatan peran lelang dalam mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Selanjutnya terkait IKU Efektifitas Penyelesaian Crash Program  sudah diatur dengan terbitnya PMK No 11/PMK.06/2022 tentang Penyelesaian Piutang Instansi Pemerintah yang di Urus/di Kelola oleh PUPN/DJKN dengan mekanisme Crash Program Tahun Anggaran 2022, sehingga diharapkan seksi PN membuat timeline terkait rencana sosialiasi dan pemberitahuan yang lebih massive lagi baik kepada penaggung hutang maupun penyerah piutang.

Terkait temuan Itjen Kemenkeu, KPKNL Makassar telah mendapatkan asistensi langsung dari Itjen dan diharapkan seluruh temuan sudah dapat ditindaklanjuti pada bulan Maret ini, serta hal ini diharapkan menjadi perhatian agar seluruh proses bisnis terkait pelaksanaan lelang dapat dilaksanakan sesuai ketentuan dengan mencermati seluruh kelengkapan administrasi yang diperlukan.

Dalam rangka meraih predikat ZI WBK Tahun 2022, KPKNL Makassar juga telah mendapatkan mentoring dari KPKNL Manado, untuk itu diharapkan seluruh pegawai bersinergi dan berusaha meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh pengguna jasa dengan meningkatkan intimacy serta meningkatkan upaya percepatan proses bisnis sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketut Suprapto Kepala Seksi Kepatuhan Internal (KI) memulai pelaporan terkait capaian kinerja hari ini dimulai dari Subbagian Umum. Berkaitan dengan IKU pada Subbagian umum berjalan dengan baik dan diperkirakan pada akhir maret target untuk triwulan pertama dapat dipenuhi, yang memerlukan perhatian adalah IKU Peningkatan Kompetensi Pegawai dan Pengelolaan BMN yang merupakan IKU baru Tahun 2022.

Untuk seksi Piutang Negara sampai dengan februari capaian untuk PNBP piutang Negara mencapai 9,11 persen dan diperkirakan sampai dengan semester 1 Tahun 2022 target IKU dapat dipenuhi. Untuk IKU penurunan outstanding PN pada triwulan pertama ini sudah mencapai 81,5 persen, jika nantinya ada addendum target pada semester 2 diharapkan seksi PN sudah memiliki strategi untuk memenuhi target tersebut. Untuk capaian IKU yang lain pada seksi PN sudah on track, saat ini seksi PN perlu untuk lebih memperhatikan terkait sosialisasi crash program keringanan Hutang.

Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) untuk target realisasi PNBP Aset yang ditetapkan pada tahun 2022 mengalami kenaikan yang cukup besar. Sedangkan untuk capaiannya, sampai dengan bulan februari baru mencapai 13,31 persen dan kedepannya untuk memenuhi target pada tahun ini seksi PKN akan terus berkoordinai dengan satker dan juga melakukan penggalian potensi terkait pemanfaatan. Untuk target SBSK seksi PKN juga akan memberikan pendampingan secara massive kepada seluruh satuan kerja. Seksi PKN juga telah membuat inovasi kaitannya dengan IKU sertifikasi tanah, berupa robot sertifikasi yang mempermudah pengumpulan dan juga monitoring data sertifikasi.

Pada seksi HI terkait tindak lanjut temuan Itjen, saat ini sedang dipersiapkan kelengkapan data beruapa kertas kerja dan rekapitulasi setoran. Tindaklanjut ini sedang dalam tahap evaluasi antara Bendahara penerimaan dan kepala seksi HI. Terkait penanganan perkara seksi HI telah menggunakan inovasi bernama SWORD yang telah membantu proses penanganan perkara selama kurang lebih satu tahun kebelakang.

Untuk capaian pada kelompok Jabatan Fungsional Pelelang dalam hal PNBP sampai awal triwulan pertama ini sudah tercapai sebesar 8 persen, sedangkan untuk pokok lelang telah tercapai lebih dari 12 persen. Terdapat dua isu penting yang perlu mendapatkan perhatian dalam waktu dekat ini, yang pertama berkaitan dengan Gebyar Lelang dan yang kedua pelaksanaan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Takalar yang akan dilakukan pada bulan Maret ini.

Capaian kinerja untuk kelompok Jabatan Fungsional Penilaian, terkait deviasi penilaian adalah 0 persen karena tidak ada nilai yang digunakan yang berbeda dari hasil penilaiannya. Untuk pekembangan capaian pada IKU lain sudah on track dan Jafung Penilai dimohon untuk mempersiapkan terkait Verifikasi Kompetensi Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah yang akan dilaksanakan pada awal bulan Juni.

Melalui kegiatan ini Harmaji juga menyampaikan betapa pentingnya melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala dan terperinci untuk memastikan tidak ada hal yang tertinggal karena kadang orang terpeleset bukan karena ada batu besar yang menghalangi, namun karena ada kerikil-kerikil tajam yang bisa menyebabkan kita terjatuh, kerikil-kerikil ini yang harus kita bersihkan agar lebih bisa mengarah kekesempurnaan. Pesan penutup pada morning call bulan ini agar seluruh pegawai senantiasa menjaga kesehatan, menerapkan Nilai-nilai dan budaya Kemenkeu secara konsisten dan disiplin, Memberikan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa sebaik mungkin dengan penuh integritas, harapannya Tahun 2022 ini KPKNL Makassar dapat meraih predikat ZI WBK. Kemudian sebagai penutup seluruh pegawai meneriakkan yel-yel EWAKO (Empati, Wawasan dan Komitmen). (FSW)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini