Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Gema Auction 2022 : Lelang Agungan Terbesar dan Serentak di Seluruh Indonesia
Neo Surya Dhesanta
Selasa, 22 Februari 2022   |   460 kali

Makassar - Lelang agunan terbesar telah diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia bersama dengan mitra lelang Bank Mandiri. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar turut serta meramaikan kegiatan yang bertajuk GEMA Auction 2022 di Kantor Bank Mandiri Kantor Cabang Makassar Kartini di Jalan R.A. Kartini No,19, Kota Makassar. Seluruh pejabat lelang KPKNL Makassar hadir bersama dengan Kepala KPKNL Makassar, Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, serta Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat yang hadir secara daring.

Sebanyak 16 objek lelang hak tanggungan di buka penawaran lelangnya secara bergiliran di tanggal 22 Februari 2022 dengan hasil 1 (satu) lot terjual dan sisanya tidak ada penawaran (TAP) serta batal karena ada pelunasan dari debitur.  Dengan demikian, dampak kegiatan ini dapat menyelesaikan proses penyelesaian kredit macet debitur dengan mekanisme penjualan umum (lelang eksekusi) maupun penyelesaian dari debitur yang bersangkutan dengan melakukan pelunasan kewajiban mereka.

Selain lelang hak tanggungan, terdapat lelang nonekseksui sukarela sebanyak 8 lot. Objek barang sukarela ini beragam mulai dari sepeda lipat, barang elektronik, barang kebutuhan rumah tangga, dll. Lelang sukarela ini diselenggarakan dengan open-bidding, yaitu peserta lelang dapat melihat secara langsung daftar penawaran yang diajukan oleh peserta lain. Kenaikan pokok lelang mencapai tiga kali lipat dari limitnya terjadi di objek lelang berupa satu paket perangkat elektonik handphone merk Iphone 5s dan 6s.

Sinergi yang terjalin antara Bank Mandiri, dalam hal ini Bank Mandiri Regional Retail Collection & Recovery X Wilayah Sulawesi dan Maluku, dengan KPKNL Makassar sudah terjalin jauh sebelum adanya Gema Auction 2022. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan sinergi yang telah terjalin ini semakin kuat sehingga proses penyelesaian aset-aset kredit yang dimiliki oleh perbankan dengan penjualan di muka umum (pelelangan) dapat berjalan lancar sekaligus menambah sumbangsih penerimaan negara bukan pajak dan penerimaan daerah melalui BPHTB. (NSD)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini